Promosikan Mutiara Lombok Di Sumbawa Pearl Festival

Monday, 10 August 15   0 Views   0 Comments   Venue

Besarnya potensi mutiara yang dimiliki Lombok dan Sumbawa membuat Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali menggelar Lombok Sumbawa Pearl Festival. Festival yang sudah diselenggarakan sebanyak lima kali sejak tahun 2010 ini akan berlangsung pada 18 Agustus-16 September 2015 di Hotel Santosa, Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Lalu Moh. Faozal, NTB merupakan salah satu daerah penghasil mutiara berkualitas tinggi di Indonesia. “Melihat potensi tersebut, maka kami memanfaatkannya untuk menarik para wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang ke Lombok dan Sumbawa melalui festival ini,” ungkap Faozal.

Lanjut Faozal, event ini juga dimaksudkan untuk semakin memopulerkan mutiara Lombok dan Sumbawa di pasar dalam negeri dan internasional, serta tidak lupa juga untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga di antara masyarakat terhadap mutiara Indonesia. “Untuk itu kami datangkan penjual, perajin, dan pembeli dalam festival ini. Beberapa pembeli dari luar negeri seperti Cina, Filipina, Australia, Singapura dan Inggris dipastikan datang. Kami harap pembeli bisa datang lebih banyak lagi agar dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi bagi NTB yang pada tahun ini menargetkan transaksi mencapai Rp300 miliar,” ujarnya.

Lombok Sumbawa Pearl Festival juga akan menggelar rangkaian acara lain, seperti Mataram Carnival, Pentas Seni Daerah, Pekan Tenun Lombok Sumbawa, Pameran Ekonomi Kreatif, hingga Pemilihan Putri NTB untuk semakin menarik minat wisatawan untuk datang. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, event ini selain mendatangkan wisatawan juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat sehingga akan berdampak pada peluang investasi serta akses pasar yang luas.

Penulis: Pasha Ernowo