Ratu Boko Yoga Festival 2017 Hadir Memberikan Kedamaian Jiwa

Monday, 27 March 17   24 Views   0 Comments   Venue

Olahraga yoga sedang digandrungi banyak kalangan di Indonesia. Selain menyehatkan badan, yoga juga memiliki nilai spiritual dan memberikan kedamaian jiwa. Untuk merealisasikan visi “Tumuju Cahyaning Jiwo” atau menuju jiwa yang murni serta seimbang antara raga, pikiran dan hati, Nira Creatives selaku event organizer bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko menggelar Ratu Boko Yoga Festival 2017. Acara sport tourism (wisata olahraga) yang mengangkat tema “Transform Your Body, Mind and Life” ini akan diselenggarakan pada 9 April 2017 di Kawasan Candi Ratu Boko.

Emilia Eny Utary, General Manager Marketing PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan,  Ratu Boko, mengatakan, Kementerian Pariwisata sedang gencar-gencarnya menargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Karena itu, dengan adanya festival yoga ini diharapkan bisa mempromosikan pariwisata di Jawa Tengah serta dapat memberikan dukungan terhadap kunjungan wisman ke Jawa Tengah. Wisatawan yang datang pun tak hanya dapat melihat Kawasan Candi Ratu Boko, tapi juga bisa berkeliling ke candi lain maupun Yogyakarta. Emilia mengatakan, wisata Candi mempunyai sejarah yang sangat luar biasa dan mempunyai keunikan tersendiri sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Di kawasan Candi Ratu Boko ini kami ingin memberikan pengalaman Yoga yang berbeda dan tak biasa sehingga bisa mendekatkan mereka secara langsung ke alam. Dari atas Candi Ratu Boko pun mereka bisa melihat keindahan Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi,” kata Emilia.

Nana Oktavia Musliana, Marketing Communication Nira Creatives, mengatakan, acara Ratu Boko Yoga Festival merupakan kali pertama diadakan. Pelaksanaan acara ini berawal dari kebutuhan masyarakat luas terhadap kesehatan yang semakin meningkat, plus yoga sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Menariknya, pada Ratu Boko Yoga Festival 2017 kegiatan yoga tidak dilaksanakan pada pagi hari, melainkan pada sore hari sambil menikmati keindahan sunset di kawasan Candi Ratu Boko.

“Untuk Ratu Boko Yoga Festival 2017, peserta yang sudah terdaftar 200 orang dari daerah setempat. Kami targetkan jumlah peserta mencapai 500 orang, dan peserta dari Jakarta dan sekitarnya bisa mengikuti event ini. Untuk target peserta tidak terlalu banyak karena panitia ingin memberikan kepuasan, tidak ingin peserta kecewa, dan di sisi lain panitia tidak ingin merusak candi bersejarah ini,” kata Nana.

Kegiatan yoga akan dilaksanakan pada pukul 17.00 hingga 18.00 dipimpin langsung oleh master yoga yang sangat terkenal, Pudjiastuti Sindhu, didampingi Kusuma Krpa Devii, Sari Soekisman, dan diikuti selebriti Happy Salmah. Ratu Boko Yoga Festival 2017 ini juga menghadirkan workshop dengan mengangkat topik meditasi, yin yoga, yoga dance java, health massage, the art of healing, dan filosofi yoga nusantara.

Penulis: Ahmad Baihaki