Rp1 Miliar Dari Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016

Monday, 04 April 16   1 Views   0 Comments   Venue

Setelah berbagai acara sport tourism diadakan di berbagai daerah, Kementerian Pariwisata membuat sebuah acara festival kuliner bernama Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 yang akan berlangsung pada 14-16 April 2016 di Mall Artha Gading, Jakarta. Ini merupakan festival kuliner pertama yang bekerja sama dengan hampir semua provinsi di Indonesia.

Sebagai salah satu pilihan dalam pariwisata, kuliner menjadi daya tarik dalam branding suatu daerah. “Kuliner juga ampuh sebagai alat diplomasi paling efektif. Selain itu, sebagai daya tarik pariwisata, kuliner mampu menyumbang 10 persen dari PDB nasional,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Selain itu, kuliner menjadi penyokong devisa hingga mencapai 30 persen atau sebanyak Rp210 triliun, serta termasuk lima besar penyumbang devisa utama dari ekonomi kreatif. Dari sektor tenaga kerja, industri kuliner mampu membuka hingga 30 persen lapangan pekerjaan dari 11 juta yang berkecimpung di industri kreatif.

Festival Kuliner Pesona Nusantara 2016 diikuti oleh 64 stan dari berbagai provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia. Festival Kuliner Pesona Nusantara 2016 menghadirkan 48 jenis kuliner dari 24 provinsi. “Kami menargetkan kehadiran 30.000 pengunjung dengan transaksi mencapai lebih dari Rp1 miliar. Diharapkan acara ini akan dihadiri oleh banyak wisatawan asing, terutama dari negara tetangga,” ujar Esty Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

Penulis: Mikhail