Rupiah Melemah, Tiket Garuda Indonesia Habis

Monday, 05 October 15   0 Views   0 Comments   Venue

Meskipun diadakan pada saat nilai tukar rupiah terhadap dolar sedang melemah, pergelaran Garuda Indonesia Travel Fair 2015 periode kedua pada 27 September 2015 tetap ramai dikunjungi. Pada saat pameran berlangsung, nilai tukar rupiah melebihi Rp14.000, tapi antusiasme wisatawan Indonesia untuk berwisata tetap tinggi.

Hal tersebut terbukti dengan nilai transaksi pada Garuda Indonesia Travel Fair yang mencapai Rp131 miliar. Meskipun angka tersebut sedikit di bawah target yang telah ditetapkan di awal, yakni Rp138 miliar, tapi nilai transaksi itu seolah menangkal keraguan semua orang bahwa para pengunjung akan sedikit membelanjakan uangnya di tengah nilai tukar rupiah yang melambung ini.

Selain membukukan transaksi Rp131 miliar, Garuda Indonesia Travel Fair juga dikunjungi sekitar 68.000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan. “Hasil tersebut tentu merupakan catatan positif bagi pelaksanaan travel fair di Indonesia, bahwa industri pariwisata harus bisa bertahan dan inovatif dalam menyiasati kondisi perekonomian saat ini,” ungkap Handayani, Direktur Niaga Garuda Indonesia.

Pada perhelatan Garuda Indonesia Travel Fair 2015 periode pertama pada April lalu, nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp107 miliar dengan jumlah kunjungan sekitar 48.000 orang. Selain itu, luas area yang digunakan pada penyelenggaraan periode pertama hanya 4.721 meter persegi, sedangkan pada penyelenggaraan yang kedua ini meningkat menjadi 7.000 meter persegi.

Selain diadakan di Jakarta, perhelatan Garuda Indonesia Travel Fair 2015 juga serentak diadakan di beberapa kota lain, yakni di Medan, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Kendari, dan Jayapura pada tanggal 2-4 Oktober 2015. “Kami berharap pelaksanaan GATF di kota-kota tersebut juga meriah, serta mampu menghidupkan industri pariwisata di wilayah masing-masing,” tambah Handayani.

Dengan tema “Fly With Style“, Garuda Indonesia Travel Fair 2015 periode kedua ini Garuda Indonesia¬†berhasil menggelar pameran secara meriah dengan menggandeng berbagai mitra usaha yang terdiri dari¬†46 biro perjalanan, 17 hotel dan taman rekreasi, 5 organisasi pariwisata nasional, PKBL Garuda Indonesia, 14 corporate & travel equipment, serta Asosiasi Food Truck.

Penulis: Harry Purnama