Sail Karimata Hadirkan Kompetisi Skala Internasional

Monday, 30 May 16   0 Views   0 Comments   Venue

Dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia, pemerintah melalui Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya berencana menyelenggarakan Sail Karimata 2016 di empat provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, dan Jambi. Acara puncak Sail Karimata 2016 akan diadakan pada 15 Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Sejak 2009, setiap tahun Indonesia selalu mengadakan acara lomba perahu yacht bertajuk “sail”. Sail Karimata merupakan acara sail yang ke-delapan kalinya. Rizal Ramli, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI, meminta agar acara ini dapat jauh lebih menarik, bukan sekadar event yang sudah ada. Karena itu, Rizal Ramli meminta para bupati dan wali kota di keempat provinsi tersebut untuk mengadakan kompetisi lain yang berskala ASEAN dan Asia, antara lain kompetisi memancing, lomba perahu naga, dan festival durian ASEAN.

“Kalau tidak ada kompetisi, tidak akan seru, nanti akan terlihat seperti biasa-biasa. Mari kita buat dobrakan baru atau sesuatu yang beda sehingga masyarakat juga merasa senang, yang menonton di seluruh dunia juga akan senang,” kata Rizal Ramli.

Peluncuran resmi acara Sail Karimata 2016 rencananya akan diselenggarakan pada 1 Juni 2016 di Auditorium BPPT Jakarta dengan menghadirkan pameran potensi dari keempat provinsi yang berpartisipasi dalam Selat Karimata 2016. Selain acara utama Sail Karimata 2016, akan diadakan juga acara pendamping untuk memeriahkan acara, yakni Festival Belitung dan Festival Bahari Kepri.

“Kami ingin memberikan warna baru dan semangat baru karena kita ingin bangsa ini menjadi pemenang, sesuai dengan keinginan Pak Presiden event ini diharapkan akan mendatangkan manfaat sesudah atau sebelumnya,” ungkap Rizal Ramli.

Penulis: Ahmad Baihaki