Satu Dekade Indonesia International Motor Show

Wednesday, 19 August 15   0 Views   0 Comments   Venue

Perhelatan pameran otomotif terbesar di Indonesia, yakni Indonesia International Motor Show, resmi dibuka pada hari ini 19 Agustus 2015. Pembukaan Indonesia International Motor Show dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, didampingi oleh Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Perindustrian Salih Husin, Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, serta jajaran Direksi Dyandra Promosindo dan Kompas Gramedia.

Indonesia International Motor Show 2015 berlangsung dari tanggal 19 Agustus hingga 30 Agustus 2015 di JIExpo, Kemayoran. Menggunakan lahan pameran sekitar 100.000 meter persegi, Indonesia International Motor Show 2015 menghadirkan lebih dari 50 merek mobil dan sepeda motor, serta lebih dari 50 acara pendukung, seperti IIMS Drift War, IIMS Supermoto, Indonesia Car History, IIMS Food Truck Convoy, Parade Test Drive and Ride, Rock Crawling, dan sebagainya.

Di penyelenggaraan IIMS yang memasuki tahun ke-10 ini, penyelenggara mengangkat tema “The Essence of Motor Show“, yakni IIMS berusaha mengusung konsep dan visi baru dari sisi penyelenggaraan dengan menghimpun semua intisari yang terkait dunia otomotif, mulai dari sisi industri, bisnis, budaya, komunitas, edukasi, CSR, entertainment, hingga lifestyle.

“Industri otomotif merupakan salah satu industri yang memberikan multiplier effect ekonomi yang cukup luas. Tak hanya dari produsen kendaraan, tapi juga ke sub-kontraktor serta membuka banyak lapangan pekerjaan,” ujar Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Hal yang paling membedakan pergelaran Indonesia International Motor Show 2015 dengan pergelaran IIMS tahun-tahun sebelumnya adalah penyelenggaraan konser musik Ariana Grande untuk Honeymoon Tour di Indonesia. Konser Ariana Grande tersebut akan berlangsung spesial di dalam area IIMS 2015 pada 26 Agustus 2015.

Kehadiran Ariana Grande di IIMS 2015 diharap dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke pameran otomotif yang terbesar di Indonesia ini. Pihak penyelenggara menargetkan selama 12 hari penyelenggaraan IIMS akan dikunjungi sekitar 380.000 orang.

IIMS kali ini juga bekerja sama dengan Grand Prix International (GPI) Thailand yang merupakan penyelenggara pameran Bangkok International Motor Show (BIMS). Kehadiran Grand Prix International Thailand diharapkan dapat menghadirkan nuansa internasional dan membuka jalan investasi ke dalam negeri.

Penulis: Harry Purnama