Siap Hadapi MEA Di ASEAN Marketing Summit 2015

Monday, 21 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Pada akhir 2015 ini, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan mulai berlaku efektif, memberikan peluang dan tantangan bagi negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, untuk melakukan persaingan. Salah satu yang menjadi tantangan adalah di bidang pemasaran, yakni bagaimana menerapkan strategi dan taktik pemasaran agar berhasil di MEA.

Untuk membahas bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut, Indonesia menjadi tuan rumah ajang ASEAN Marketing Summit (AMS) 2015 dengan tajuk “Think New ASEAN”. Acara yang diselenggarakan pada 9 Oktober 2015 mendatang di Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata.

ASEAN Marketing Summit 2015 akan dihadiri peserta dari 13 negara yang merupakan anggota ASIA Marketing Federation (AMF). Pada acara tersebut juga akan hadir ahli pemasaran ternama dunia, yaitu Profesor Philip Kotler yang dikenal sebagai The Father of Modern Marketing, serta Prof. Hooi Den Huan, Director Nanyang Technopreneurship Center (Nanyang Technological University).

“Dalam ASEAN Marketing Summit 2015, kita akan membahas bagaimana menerapkan strategi agar berhasil dalam MEA nanti. Dengan begitu, Indonesia tidak akan kalah dalam persaingan dengan negara-negara ASEAN lainnya,” ujar Hermawan Kartajaya, Co-Chairman ASEAN Marketing Summit 2015.

Acara ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya karena AMS dinilai dapat menjadi ajang yang meningkatkan pencitraan bagi Indonesia. “Ini merupakan event MICE yang penting. Keberadaan Prof. Kotler sebagai pembicara bisa membawa value yang baik untuk citra Indonesia,” ujar Arief Yahya.

Arief juga mengatakan bahwa dalam ASEAN Marketing Summit 2015 Indonesia bisa belajar banyak bagaimana memasarkan pariwisatanya ke dunia. “Pariwisata ASEAN sangat cerah, jumlah kunjungan wisman pada 2013 mencapai 90,2 juta. Untuk merebut pasar ASEAN ini tentunya membutuhkan taktik dan strategi pemasaran yang jitu,” tandas Arief.

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva