Sumatera Selatan, Role Model Sport Tourism Nasional

Monday, 11 April 16   0 Views   0 Comments   Venue

Sumatera Selatan memiliki Sungai Musi yang merupakan jantung perekonomian sekaligus ikon pariwisata. Di tempat inilah untuk kali keenam acara International Musi Triboatton akan kembali digelar. Acara yang berlangsung pada 11-15 Mei 2016 ini selain bertujuan mempromosikan pariwisata di Sumatera Selatan juga merupakan salah satu upaya untuk mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara pada 2016 ini.

“Penyelenggaraan Musi Triboatton ini diharapkan tak hanya membangkitkan pariwisata Sumatera Selatan, tapi juga untuk menjaga lingkungan. Kebersihan Sungai Musi sebagai ikon Sumatera Selatan harus kita jaga bersama,” ujar Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan.

International Musi Triboatton 2016 akan menempuh rute sepanjang 523 kilometer yang melalui empat kabupaten dan satu kota. Rute tersebut terbagi dalam lima etape yang memperlombakan tiga cabang olahraga dalam satu acara, yaitu rafting, kayak, dan traditional boat. Melalui International Musi Triboatton 2016 diharapkan 1.000 wisman dan 3.000 wisnus akan berkunjung ke Sumatera Selatan untuk menyaksikan acara tersebut.

Sejalan dengan pelaksanaan International Musi Triboatton 2016, Kementerian Pariwisata juga ingin mendorong pertumbuhan pariwisata di Sumatera Selatan melalui program sport tourism. “Kami ingin menjadikan Sumatera Selatan sebagai role model untuk sport tourism di Indonesia. Pertimbangan ini kami lakukan karena Sumatera Selatan telah memenuhi syarat 3A (Amenitas, Aksesibilitas, dan Atraksi) yang menjadi tolak ukur daya tarik pariwisata di daerah,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Penulis: Mikhail