Sungailiat Triathlon 2017, Lebarannya Penggiat Wisata Olahraga

Tuesday, 28 February 17   2 Views   0 Comments   Venue

Untuk kelima kalinya, Pemerintah Kabupaten Bangka kembali menggelar ajang wisata olahraga bertajuk Sungailiat Triathlon 2017. Acara yang mengangkat tema “Lebaran Penggiat Triathlon se-Indonesia” tersebut akan diselenggarakan pada 20-22 April 2017 di Sungailiat, Ibu Kota Kabupaten Bangka.

Sungailiat Triathlon menggelar tiga kategori lomba, yaitu Long Distance (1,9 kilometer renang, 90 kilometer sepeda, dan 21,1 kilometer lari), Standar dan Standar Relay (1,5 kilometer renang, 40 kilometer sepeda, dan 10 kilometer lari), serta Sprint (750 meter renang, 20 kilometer sepeda, dan 5 kilometer lari). Rute yang dilalui di antaranya mengitari pusat kota dan tujuan wisata unggulan di Kabupaten Bangka, seperti Pantai Tanjung Pesona, Pantai Teluk Uber, Pantai Rambak, Jalan Lintas Timur, Argowisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, Pantai Temberan, dan Vihara Tri Agung Pantai Tikus.

Hingga saat ini, jumlah peserta terdaftar sudah mencapai lebih dari 399 peserta. Pada tahun 2013, Sungailiat Triathlon diikuti sembilan negara, lalu pada 2014 diikuti 11 negara, 2015 sebanyak 15 negara, dan pada 2016 diikuti 18 negara dengan jumlah 428 peserta. Pada Sungailiat Triathlon 2017, panitia menargetkan 600 peserta dari  19 negara akan memeriahkan olahraga menantang ini. Sejumlah negara yang sudah pasti hadir pada tahun ini antara lain Aljazair, Australia, Austria, Amerika Serikat, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, dan Perancis.

Rustam Effendi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan, pada acara ini juga akan digelar Bangka Expo 2017 yang merupakan pameran berskala nasional. Pada Bangka Expo akan ditampilkan pameran pembangunan dan potensi daerah dari 57 kabupaten dan 11 provinsi.

“Sungailiat Triathlon tidak hanya sekadar olahraga, tetapi juga menampilkan pameran potensi wisata,¬†Festival Kuliner khas Bangka, produk kreatif, UKM, atraksi kesenian, dan Tradisi Sepintu Sedulang untuk menarik pengunjung,” ujar Rustam.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan, untuk mempromosikan wisata olahraga ini harus dilakukan dengan baik karena wisata olahraga menjadi suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan destinasi. Secara bisnis, industri olahraga ini dapat dibanggakan untuk pariwisata Indonesia.

Chaidir Akbar, Presiden Triathlon Buddies, mengatakan, komunitas triathlon sangat bangga mempunyai event seperti ini, apalagi diadakan di destinasi wisata sehingga para peserta Sungailiat triathlon dapat olahraga sambil menikmati keindahan Indonesia.

Penulis: Ahmad Baihaki