TAFISA akan Lahirkan Olahragawan Nasional

Tuesday, 11 October 16   0 Views   0 Comments   Venue

Event olahraga rekreasi bertaraf internasional, TAFISA World Games, resmi berlangsung pada 6-12 Oktober 2016. TAFISA World Games 2016 berlangsung di tempat rekreasi unggulan DKI Jakarta, di antaranya Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), JIExpo, dan Kepulauan Seribu.

Hayano Isman, Ketua Penyelenggara TAFISA 2016, mengatakan, tujuan utama diadakannya TAFISA adalah mengangkat olahraga tradisional Indonesia yang terancam punah. Terlebih lagi, Indonesia punya potensi budaya, olahraga, dan pariwisata sehingga kehadiran event olahraga rekreasi ini juga turut memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Jakarta maupun di Indonesia.

“Para peserta internasional akan melirik wisata maupun budaya yang ada di Jakarta dan seluruh Indonesia. Mereka juga akan menikmati obyek wisata bahari karena pada TAFISA kali ini ada juga peserta yang mendaftar untuk festival diving yang diselenggarakan di Kepulauan Seribu,” kata Hayono.

Hayono menyebutkan bahwa TAFISA ini berbeda dengan event serupa lainnya. Para peserta luar negeri pada TAFISA mengeluarkan biaya sendiri, seperti hotel dan biaya lainnya. Panitia hanya memfasilitasi 18 peserta yang sudah menjadi member karena memang keputusan ini dari asosiasi di luar negeri.

“Di TAFISA, saya memastikan bahwa event ini tidak ada istilah juara umum. Memang ada kompetisi, tapi targetnya adalah juara bersama. Inilah menurut saya indahnya berolahraga,” kata Hayono.

Hayono menjelaskan, event berkelas internasional ini mengerahkan kurang lebih 3.000 personel keamanan dari TNI dan Polri, serta diikuti kurang lebih 12 juta peserta dari 74 negara. Hayono berharap melalui acara ini, Taman Impian Jaya Ancol akan dihadiri lebih dari 50.000 pengunjung pada akhir pekan.

Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, mengatakan, pada TAFISA ini akan mempertemukan olahraga rekreasi model permainan tradisional dan baru yang tumbuh di kota besar. “Berbagai macam olahraga rekreasi dihadirkan pada TAFISA 2016 ini. Dengan rasa bangga kita bisa memperkenalkan budaya yang kita miliki, salah satunya permainan tradisional. Seperti yang kita ketahui dari sinilah olahragawan terlahir, semoga kehadiran TAFISA bisa menciptakan atlet nasional yang tangguh,” kata Imam.

Penulis: Ahmad Baihaki