TAFISA World Games 2016, Pesta Olahraga Rekreasi Dunia

Friday, 23 September 16   0 Views   0 Comments   Venue

Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga rekreasi dunia TAFISA World Games 2016 pada 6-12 Oktober di Kawasan Ancol, Jakarta. TAFISA Games merupakan paduan kompetisi, festival, event olahraga, dan rekreasi. Ini merupakan pelaksanaan TAFISA Games yang keenam kalinya.

“TAFISA tidak seperti olimpiade yang didanai oleh pemerintah. Kami mengedepankan brand pariwisata dan olahraga agar dikenal oleh dunia. TAFISA menjadi momentum untuk menunjukkan apa yang dimiliki di Indonesia,” kata Hayanto, Ketua Penyelenggara TAFISA.

Sejumlah kejuaraan dan kompetisi dari berbagai kategori, seperti action sport, extreme sport, adventure sports, dan e-sports serta nomor khusus untuk penyandang disabilitas. Adapun lokasi penyelenggaraan TAFISA Games dilakukan di tempat rekreasi unggulan DKI Jakarta, di antaranya Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), JIExpo, dan Kepulauan Seribu.

Lebih dari 74 negara ikut meramaikan TAFISA World Games 2016. TAFISA menghadirkan special event berupa pemecahan rekor dunia, layang-layang daun terbesar, pelajar bermain egrang terbanyak, dan menari Zumba 14.000 orang. Selain itu, TAFISA Games juga akan mengadakan kegiatan menyelam bersama ratusan penyelam nasional dan mancanegara di Kepulauan Seribu.

TAFISA World Games akan dilaksanakan di bawah pengawasan UNESCO dan IOC (Komite Olimpiade Internasional), yang mengakui pentingnya olahraga dan permainan tradisional dalam membentuk kebudayaan dan peradaban dan identitas nasional. TAFISA World Games 2016 akan melibatkan 12.000 partisipan dari 110 negara anggota TAFISA.

Penulis: Ahmad Baihaki