Tasikmalaya Oktober Festival Kembali Digelar

Thursday, 05 October 17   36 Views   0 Comments   Venue
Tasikmalaya Oktober Festival
Foto: Venuemagz/Erwin

Pada 14-17 Oktober mendatang, Kota Tasikmalaya akan menggelar hajatan besar bertajuk Tasikmalaya Oktober Festival 2017 (ToF). Beragam potensi daerah, baik industri dan pariwisata, Kota Santri tersebut akan dipamerkan.

Event Tasikmalaya Oktober Festival 2017 terdiri dari sejumlah kegiatan unggulan, antara lain Pameran Produk Kreatif (Tasik Creative Festival), Pameran Produk Kuliner (Tasik Halal Culinary Festival), Talk Show Kerjasama Pengembangan Investasi (Tasik Investment Expo and Conference), Parade Budaya / Carnival Budaya (Tasik Culture Festival), Tasikmalaya Great Sale, dan pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan Tasikmalaya Oktober Festival 2017 merupakan sarana mempromosikan pariwisata dan khazanah budaya serta produk kreatif unggulan.

Event Tasikmalaya Oktober Festival 2017 dijadikan sebagai sarana untuk mem-branding atau pencitraan kota (city branding) Tasikmalaya sebagai kota industri dan perdagangan,” ujar Arif dalam sambutannya saat meresmikan Tasikmalaya Oktober Festival di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta (4/10).

Arif menjelaskan, sejak dulu Tasikmalaya terkenal dengan produk kreatifnya, seperti kain bordir, batik, payung tradisional, serta sendal kelom geulis.

“Ini merupakan langkah cerdas. Selain mengenalkan Tasikmalaya sebagai kota perdagangan, juga kota pariwisata,” ujar Arief.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencapaian target kota Tasikmalaya menjadi kota perdagangan termaju di Jawa Barat.

“Target kami pada 2025 menjadi kota perdagangan terbaik di Jawa Barat. Selain itu, Tasikmalaya memiliki potensi wisata menarik untuk dikunjungi,” papar Budi.

Tasikmalaya Oktober Festival 2017 melibatkan UKM produk kreatif unggulan (bordir, batik, kelom, payung, mendong bamboo, alas kaki, dan makanan olahan), WUBI (Wirausaha Bank Indonesia), seniman dan pelaku budaya, Komunitas Kreatif Kota Tasikmalaya, serta KADIN Kota Tasikmalaya.

Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri Pemerintah Kota Baler, Filipina; Jerry Tan, Jaco Singapore Pte. Ltd., Singapura; MATTA, Malaysia; Palestine Indonesia Friendship Association (FIPA) dari Palestina; Gerd Wagner, Wagner GmbH; dan Senior Expert Service (SES) dari Jerman; PA ASIA, Rio D Praaning dari Belgia; serta beberapa kabupaten kota di Tanah Air seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sukoharjo dari Jawa Tengah, Kota Dumai – Riau, Kota Palu – Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Aceh Besar.

Penulis: Erwin Gumilar