Tiga Program Promosi Pariwisata Sulawesi Selatan

Monday, 19 October 15   0 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata kembali meluncurkan program promosi pariwisata, kali ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Selatan, khususnya di Tana Toraja dan Toraja Utara. Tiga program promosi pariwisata tersebut bertajuk “Lovely Toraja”, “Celebes Travel Mart”, dan “Takabonerate Island Expedition”.

Ketiga program acara tersebut akan dilaksanakan selama bulan November 2015, dimulai dengan “Lovely Toraja” pada tanggal 9 November 2015. Acara “Lovely Toraja” sendiri merupakan event budaya yang akan diadakan di Toraja Utara dengan mengambil tema “Toraja Goes To The World Cultural Heritage“. Kemudian, “Celebes Travel Mart 2015” akan diselenggarakan di Makassar pada 17-20 November 2015, dan ditutup oleh “Takabonerate Island Expedition ke-7” yang merupakan perjalanan wisata bahari pada 29 November 2015.

“Kunjungan wisatawan ke Sulawesi Selatan semakin membaik akhir-akhir ini. Hal tersebut terlihat dari kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 14 persen pada 2013 ke 2014. Begitu juga dengan wisatawan domestik yang tumbuh sebesar dua persen pada periode yang sama di Toraja Utara,” ujar Jufri Rahman, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sulawesi Selatan. Menurutnya, Sulawesi Selatan telah banyak menarik wisatawan asing untuk berkunjung.

“Sulawesi Selatan mempunyai daya tarik pada wisata bahari. Koral-koral ternama dunia banyak yang berada di bawah lautan Sulawesi Selatan. Untuk itu, kami banyak memfokuskan diri untuk mempromosikan wisata bahari tersebut, salah satunya dengan menggelar ‘Takabonerate Island Expedition’,” ujar Jufri Rahman.

Selain pariwisata di Sulawesi Selatan, Tana Toraja juga memiliki obyek-obyek wisata yang sangat menarik, terutama pada wisata budayanya, seperti pemakaman rambu solo dan upacara mayat berjalan. Keduanya merupakan acara adat suku Toraja yang menjadi daya tarik unggulan bagi wisatawan di Toraja. (Baca juga: ITB Asia 2015 Fokus pada MICE)

Penulis: Mikhail