Tomohon International Flower Festival Tambah Atraksi di Sulawesi Utara

Monday, 22 May 17   38 Views   0 Comments   Harry Purnama
Tomohon International Flower Festival 2017
Foto: Venuemagz/Erwin

Bersamaan dengan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta pada 21 Mei 2017, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman meluncurkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017. Acara tahunan ini akan dilaksanakan pada 7-12 Agustus 2017 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Perhelatan Tomohon International Flower Festival ini merupakan upaya mempromosikan potensi pariwisata Tomohon yang memiliki daya tarik budaya, wisata alam, dan buatan manusia, serta mendukung program “North SulaWeSee” maupun program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia untuk mencapai target kunjungan 15 juta wisman dan pergerakan 265 juta wisatawan nusantara pada tahun ini.

Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival 2017 yang memasuki tahun ke-7 ini mengangkat tema “The 7 Wonders of Tomohon” dengan menampilkan tujuh daya tarik alam sebagai keajaiban dan keunikan alam Tomohon, yakni tujuh gunung, tujuh danau, dan tujuh air terjun. Acara ini juga untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Tomohon yang pada tahun 2015 lalu mencapai 14.734 wisman dan 192.322 wisnus.

Mumus Muslim mengapresiasi penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival 2017 untuk mempromosikan Kota Tomohon sebagai kota bunga dan  pusat industri bunga terbesar di Indonesia Timur. “Penyelenggaraan festival ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan daya tarik destinasi pariwisata Sulut yang selama ini dikenal wisatawan dalam negeri dan mancanegara dengan obyek wisata bahari,” kata Mumus.

Selain itu, Mumus menambahkan, penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival 2017 ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan daya tarik pariwisata yang merupakan bagian penting dari unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas). “Sulawesi Utara memiliki amenitas dan aksesibiltas yang memadai, begitu pula dengan atraksi setiap kota memiliki festival budaya yang menarik,” kata Mumus.

Untuk aksesibilitas, Sulawesi Utara memiliki bandara internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang  dikenal sebagai northern hub yang melayani 15 tujuan penerbangan domestik dan 9 penerbangan internasional. Sementara itu, untuk amenitas banyak terdapat di Manado dengan 129 hotel bintang dan non-bintang dengan total kamar mencapai 5.000 kamar.

Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara, mengatakan, Tomohon International Flower Festival 2017 merupakan grand  event Pemerintah Kota Tomohon dalam memberikan kontribusi untuk  menyukseskan program Wonderful Indonesia  dan Pesona Indonesia serta program Pemerintah Provinsi Sulut “North SulaWeSee” serta menjadi sarana penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat terutama para petani dan perajin bunga dalam kegiatan kepariwisataan ekowisata maupun agrowisata.

TIFF 2017 memiliki lima kegiatan utama, yakni Tournament of Flowers/Flower Parade (8 Agustus 2017, Kontes Ratu Bunga Nusantara (7-10 Agustus 2017), Tomohon Flower Carnival (8 Agustus 2017), Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8-12 Agustus 2017), Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8-12 Agustus 2017), dan Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7-12 Agustus 2017).

Pada awalnya acara Tomohon International Flower Festival merupakan event dua tahunan yang telah diadakan pada tahun 2008, 2010, 2012, dan 2014. Namun, sejak tahun 2015, acara ini ditetapkan sebagai ajang tahunan.