Toraja Marathon 2016 Mengembalikan Pesona Tana Toraja

Wednesday, 03 August 16   3 Views   0 Comments   Venue

Pada 13 Agustus mendatang, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara akan menjadi tuan rumah pergelaran sport tourism bertajuk Toraja Marathon 2016. Lomba lari ini merupakan kegiatan sport tourism pertama yang akan digelar di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Toraja Marathon 2016 terbagi menjadi empat kategori, yakni 5K, 10K, 23K, dan full marathon sejauh 42K dengan total hadiah sebesar Rp200 juta. Untuk peserta 23K dan 42K juga akan mendapat kesempatan meraih undian tiket pesawat gratis pp Jakarta-Tokyo-Jakarta. Untuk mengikuti lomba ini peserta dikenakan biaya yakni Rp150.000 untuk 5K, Rp200.000 untuk 10K, 250.000 untuk 23K, dan Rp450.000 bagi yang ingin mengikuti kategori full marathon.

Menurut Lisa Merieparantean, salah satu Founder Toraja Marathon, kegiatan sport tourism ini digelar untuk lebih memopulerkan Tana Toraja dan Toraja Utara sebagai destinasi pariwisata. “Ide ini lahir dari kerinduan kami mengembalikan popularitas Tana Toraja sebagai destinasi unggulan Tanah Air yang saat ini terasa semakin meredup,” kata Lisa.

Lisa menambahkan, tantangan menggelar event sport tourism perdana adalah meyakinkan masyarakat bahwa Tana Toraja dan Toraja Utara adalah kawasan yang layak dan bersahabat untuk kegiatan lomba lari. “Sejak ide ini lahir di awal tahun 2016, kami langsung gencar membuat promosi dengan membuat video singkat dan foto-foto untuk ditampilkan di sosial media maupun situs resmi lomba maraton ini,” ujar Lisa.

Lexi Rohi, Race Director Toraja Marathon 2016, mengungkapkan, rute lomba lari ini akan melintasi jalur-jalur wisata yang ada di kedua kabupaten tersebut, seperti Sangalla, Suaya, dan Tampang Allo. “Untuk jalur lari 50 persen melalui jalan raya, dan 50 persen lagi jalan desa dengan kondisi yang sangat baik,” kata Lexi.

Lexi menargetkan perhelatan perdana ini diikuti 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri. “Saat ini peserta dari luar negeri yang mendaftar sudah ada 16 orang. Peserta yang ikut di antaranya berasal dari Kenya, Singapura, Inggris, dan Malaysia,” ujar Lexi.

Lexi juga mengungkapkan, Toraja Marathon 2016 ini juga ramah bagi para pelari pemula. “Medan yang akan dilalui cukup bersahabat untuk semua kalangan, dan berada pada ketinggian 780-880 meter di atas permukaan laut,” ujar Lexi.

Frederick Batong, Ketua Persatuan Masyarakat Tana Toraja Indonesia (PMTI), menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, pelaksanaan lomba lari ini menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. “Tana Toraja pamornya seperti meredup. Melalui kegiatan ini diharap bisa membangkitkan kembali pariwisata di sana. Saya yakin kami siap menjadi tuan rumah yang baik karena akomodasi dan sarana pendukung sudah baik, hotel pun kami bisa menampung lebih dari 5.000 tamu,” ujar Frederick.

Lokasi Pendaftaran

Makassar

Kantor Tribun Timur Berita Online Makassar

Jl. Cendrawasih No. 430 Makassar

 

Kendari

UD Naga Mas M 150 Distributor

Jl. R. Soeprapto 162, Tobuuha – Puwatu

 

Manado Kantor Tribun Manado

Jl. AA Maramis, Kairagi – Mapanget

 

Makale

Toko Bina Karya

Jl. Ampera No.19, Tana Toraja

Penulis: Erwin Gumilar