Tour de Singkarak 2016 Sukses, Sumbar Terus Berbenah

Monday, 15 August 16   0 Views   0 Comments   Venue

Sumatra Barat terus berupaya melakukan pembenahan untuk memajukan pariwisatanya. Hal itu terbukti dari suksesnya pelaksanaan Tour de Singkarak 2016 yang digelar pada 6-14 Agustus 2016. Setiap daerah yang dilintasi para peserta Tour de Singkarak 2016 melakukan pembenahan, baik dari aksesibilitas menuju tempat wisata, akomodasi, maupun sarana dan prasarana di obyek wisata. Setiap etape yang dilintasi akses jalannya sudah semakin bagus, dan jumlah akomodasi di obyek wisata juga terus bertambah setiap tahunnya.

Burhasman, Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat, menyatakan, Tour de Singkarak 2016 merupakan salah satu media untuk menggalakkan promosi pariwisata di seluruh Sumatra Barat, tidak hanya kota Padang dan Bukittinggi. Sebab, wilayah lain di Sumatra Barat juga memiliki destinasi wisata yang belum diketahui masyarakat Indonesia maupun turis asing.

“Jadi, Sumatra Barat tidak hanya memiliki kota Padang dan Bukittinggi saja. Masih ada daerah-daerah lain yang sudah siap untuk dikunjungi wisatawan,” ucap Burhasman.

“Pantai Gondahria sudah bagus. Sijunjung, Tanah Datar, dan Sawahlunto masing-masing memiliki tempat wisata yang sudah banyak dibenahi, baik dari sarana dan prasarana maupun akses menuju destinasi di wilayah itu,” kata Burhasman.

Burhasman menyebutkan, Sumatra Barat memiliki 300 hotel dengan total sekitar 13.000 kamar hotel. Pada 2009, kunjungan wisatawan nusantara ke Sumatra Barat mencapai 4 juta orang, dan kunjungan wisman mencapai 39.000 orang. Pada tahun ini, Pemprov Sumbar menargetkan jumlah kunjungan wisnus sebanyak 7,3 juta orang dan 83.000 wisman. Hingga Agustus 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumbar sudah mencapai 6,9 juta wisnus dan 78.000 wisman.

Penulis: Ahmad Baihaki