Travel Fair, Upaya Dongkrak Penjualan Tiket Garuda Indonesia

Tuesday, 19 September 17   12 Views   0 Comments   Harry Purnama
Garuda Indonesia Travel Fair fase kedua
Suasana Garuda Indonesia Travel Fair fase pertama 2017. Foto: Venuemagz/Erwin

Garuda Indonesia bekerja sama dengan Bank BNI dan Dyandra Promosindo selaku event organizer akan menggelar Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) fase kedua di 2017 pada 22-24 September di Jakarta Convention Center.

GATF fase kedua ini dilaksanakan secara roadshow di 22 kota besar di Indonesia, antara lain di Batam, Palembang, Kupang, Balikpapan, dan Makassar yang telah dilaksanakan pada 15-17 September 2017. Lalu ada juga di Medan, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Lombok, dan Manado yang diselenggarakan serentak pada 22-24 September 2017. Terakhir, GATF diselenggarakan berbarengan pada 29 September-1 Oktober 2017 di Ambon, Sorong, Jayapura, dan Timika.

Dari penyelenggaraan di 22 kota itu, Garuda menargetkan nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp501 miliar, dengan proporsi terbesar datang dari Jakarta dengan transaksi Rp283 miliar dan pengunjung mencapai 76.000 orang. Pada pelaksanaan Garuda Indonesia Travel Fair fase pertama 2017, Jakarta menyumbang transaksi sebesar Rp279 miliar dan pengunjung 74.000 orang.

Pelaksanaan travel fair oleh Garuda ini merupakan salah satu bentuk usaha baru untuk mendongkrak pendapatan Garuda Indonesia. Bahkan, pada tahun 2017 saja pendapatan dari travel fair bisa mencapai Rp1 triliun. Hal itu berdasarkan pendapatan dari GATF fase pertama 2017 yang mencapai Rp380 miliar, serta transaksi dari perhelatan Garuda Online Travel Fair yang mencapai Rp180 miliar dan Garuda Corporate Travel Fair yang diproyeksikan menangguk Rp100 miliar. Tentu ini baru hitung-hitungan kasar yang nilainya bahkan bisa lebih besar lagi.

Tingginya peminat untuk membeli tiket Garuda Indonesia tersebut bahkan “memaksa” Garuda Indonesia untuk mengadakan Garuda Indonesia Travel Fair sebanyak dua kali dalam setahun sejak 2015. Padahal, sejak pertama kali diadakan pada tahun 2009, GATF hanya berlangsung satu kali dalam setahun.

Nina Sulistyowati, Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, mengatakan, Garuda Indonesia Travel Fair akan menawarkan berbagai tiket dan paket perjalanan wisata domestik maupun internasional dengan harga yang lebih terjangkau. Program dan kegiatan menarik juga diadakan untuk memberikan layanan lebih.

“Ini adalah wujud Garuda Indonesia mendukung program pemerintah memajukan pariwisata Indonesia, khususnya beberapa destinasi wisata yang saat ini diprioritaskan oleh pemerintah, yaitu Lombok, Bromo, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, Morotai, Kepulauan Seribu, Belitung, Wakatobi, dan Tanjung Lesung,” ujar Nina.

Perhelatan GATF fase kedua ini menawarkan harga spesial untuk rute internasional, seperti ke Singapura PP mulai dari Rp800.000, London mulai Rp7,4 juta, Australia Rp3,8 juta, Hong Kong mulai dari Rp2,3 juta, dan Jepang mulai dari Rp3 juta. Sementara itu, untuk tujuan domestik, harga spesial yang ditawarkan antara lain untuk tujuan Surabaya PP mulai dari Rp600.000, ke Labuan Bajo mulai dari Rp1,2 juta, ke Raja Ampat mulai dari Rp2,6 juta, ke Bali mulai dari Rp800.000, dan tujuan Banyuwangi mulai dari Rp800.000.

Nina menjelaskan, untuk destinasi domestik, yang menjadi favorit tentu masih Bali. “Tidak ketinggalan yang akan menjadi favorit adalah Banyuwangi karena baru ada penerbangan langsung di sana dari Jakarta,” ujar Nina.