Triathlon Buddies Mengajak Masyarakat Menikmati Olahraga Menantang

Friday, 03 February 17   5 Views   0 Comments   Venue

Triathlon Buddies, salah satu komunitas triathlon terbesar di Indonesia, kembali mengadakan Anniversary Triathlon yang akan digelar pada 4 Februari di The Springs Club, Summarecon Serpong Tangerang. Chia Harijanto, Event Director Triathlon Buddies, mengatakan, penyelenggaraan Anniversary Triathlon 2017 ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal, melakukan, dan mencintai olahraga triathlon.

Chia menjelaskan, triathlon merupakan cabang olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga, yaitu bersepeda, berenang, dan berlari. Chia menambahkan, olahraga ini dapat dilakukan mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Ini merupakan pelaksanaan Anniversary Triathlon yang kelima kalinya.

“Triathlon buddies ingin memfokuskan untuk memajukan dan mengembangkan olahraga triathlon di Indonesia. Triathlon ini juga diharapkan agar dikenal oleh masyarakat, dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, salah satunya dengan cara memperbanyak event. Setahun ini rencananya pihak penyelenggara akan mengadakan event Sentul Ultra Triathlon dan event Ladies Triathlon, dan Kids Triathlon,” kata Chia.

Anniversary Triathlon 2017 terdiri dari enam kategori. Kategori Kids A untuk umur 5-7 tahun, peserta wajib berenang 50 meter, bersepeda 2,4 kilometer, dan berlari 800 meter; kategori Kids B untuk umur 8-10 tahun, peserta wajib berenang 100 meter, bersepeda 4,8 kilometer, dan berlari 1,5 kilometer; kategori Kids C untuk umur 11-13 tahun, peserta wajib menuntaskan lintasan lomba dengan berenang 200 meter, bersepeda 7,5 kilometer, dan berlari 3,1 kilometer; kategori Kids D dengan partisipan berusia 13-14 tahun, peserta wajib menyelesaikan lintasan lomba dengan berenang 400 meter, bersepeda sejauh 11 kilometer, dan berlari 4,7 kilometer; kelompok Fast Kids dengan rentang usia partisipan 11-16 tahun, peserta harus menyelesaikan lomba dengan berenang 400 meter, bersepeda sejauh 14,8 kilometer, dan berlari 5 kilometer; kategori peserta pemula di atas usia 17 tahun, para peserta pemula harus berenang berjarak 500 meter, bersepeda sejauh 22 kilometer, dan berlari 5 kilometer.

Sebagai acara pendamping, panitia juga menggelar acara expo yang diikuti 20 peserta untuk memasarkan peralatan olahraga, mulai dari perlengkapan renang, sepeda lari, dan makanan sehat. Pada tahun lalu, expo ini diikuti sebanyak 30 peserta. Chia mengatakan, untuk mengikuti kemeriahan Anniversary Triathlon 2017, anak-anak dikenakan biaya Rp350.000 dan dewasa Rp450.000.

Perhelatan ulang tahun yang pertama pada 2013 diikuti oleh 37 peserta, dan pada tahun lalu penyelenggaraan Anniversary Triathlon diikuti 564 peserta yang terbagi peserta anak-anak berjumlah 156 orang dan peserta dewasa 408 orang. Sementara itu, pada tahun ini panitia menargetkan 500 peserta, dan hingga kini sudah terdaftar di antaranya 310 peserta dewasa dan 190 peserta anak-anak.

Penulis: Ahmad Baihaki