Turis Asing Berburu Kerajinan Indonesia di Crafina 2017

Thursday, 12 October 17   10 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Turis asing di crafina
Foto: Venuemagz/Ahmad

Perhelatan Crafina 2017 yang diadakan pada 11 hingga 15 Oktober 2017 di Jakarta Convention Center tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal, tapi juga oleh wisatawan asing yang berburu kerajinan Indonesia. Crafina 2017 menampilkan beragam kerajinan lokal, seperti batik, songket, tenun, hingga berbagai aksesori. Acara ini diikuti 380 perusahaan kerajinan Indonesia.

Umi Noor W., Direktur PT Mediatama Binakreasi selaku penyelenggara acara, mengatakan, Crafina 2017 diakui memang banyak dikunjungi turis asing. “Ada yang dari Eropa, Amerika, Korea, Iran, Singapura, dan tidak ketinggalan dari Malaysia,” kata Umi.

“Biasanya mereka habis jalan-jalan dan ingin berbelanja. Mereka lebih suka membeli kerajinan,” kata Umi.

Elmira, pengunjung dari Iran, mengatakan, Crafina merupakan pameran yang begitu bagus. Pameran ini memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui karya kerajinan, dan ia melihat pameran ini cocok untuk para pelajar karena ada beberapa kegiatan edukasi yang mengangkat tentang batik maupun kerajinan yang lainnya.

“Sungguh sangat unik dan menarik, di mana saya melihat anak-anak muda Indonesia berkarya untuk negaranya. Ini patut diapresiasi, dan banyak pengunjung yang membawa keluarganya,” kata Elmira.

Elmira mengatakan, yang menarik perhatian pada produk Indonesia adalah batik. “Begitu bagus, dari desain dan warnanya, karena itu saya membeli. Kerajinan lainnya juga bagus,” ujar Elmira.

Perhelatan CRAFINA Pada tahun lalu, berhasil dikunjungi 33.500 pengunjung serta transaksi Rp16,7 miliar. Selama pameran ini berlangsung ditargetkan transaksi mencapai Rp17 miliar dan jumlah pengunjung mencapai 35.000 pengunjung.

Pada tahun lalu, Crafina berhasil dikunjungi 33.500 pengunjung serta menghasilkan transaksi Rp16,7 miliar. Sementara itu, untuk Crafina 2017, panitia menargetkan dapat menghasilkan transaksi Rp17 miliar dan jumlah pengunjung mencapai 35.000 orang.

Penyelenggaraan Crafina tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara pendukung, seperti talk show Design Interior dan Trend Fashion 2018, workshop, hiburan musik akustik dari Beilys Acoustic (12 Oktober 2017), Yeshua Abraham (13 Oktober 2017), serta penampilan dari Minangkabau Fashion Heritage (14 & 15 Oktober 2017). Para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk menghadiri pameran ini.