Evolusi IT&CMA Dalam 25 Tahun Terakhir

Tuesday, 25 July 17   10 Views   0 Comments   Harry Purnama

IT&CMA dan CTW Asia-Pasifik merayakan ulang tahun yang ke-25 dan ke-20 pada tahun 2017 ini dengan mengenang evolusi pameran IT&CMA dan CTW Asia-Pasifik, pencapaian-pencapaian, dan semua hal baik dari IT&CMA sejak dimulai pada 1993 dan CTW Asia-Pasifik pada 1998.

Bermula di Hong Kong, pameran dagang Incentive Travel, Conventions and Meeting (IT&CMA) merupakan yang terdepan dalam pengembangan pasar MICE di Asia Pasifik, baik lokal maupun internasional. Di tahun-tahun berikutnya, IT&CMA diadakan berpindah-pindah di beberapa negara ASEAN sebelum akhirnya menetap di Thailand pada tahun 2004.

Pameran CTW Asia-Pasifik pertama kali diadakan di Kuala Lumpur dengan respons yang luar biasa dari para pengunjung karena pada masa itu belum ada event yang fokus ke pasar korporat dan corporate travel managers. Pada penyelenggaraan yang ketiga, jumlah delegasinya meningkat dua kali lipat, dan angka tersebut terus naik setiap tahunnya. Tuan rumah penyelenggaraan CTW Asia-Pasifik juga awalnya berpindah-pindah, sebelum akhirnya bergabung dengan IT&CMA pada 2004. Sejalan dengan berkembangnya IT&CMA dan CTW Asia-Pasifik, prospek bisnis baru, edukasi, dan inisiatif jaringan terus-menerus dikenalkan dan dikembangkan di pameran ini, dan hasilnya adalah IT&CMA dan CTW Asia-Pasifik yang sekarang ini. 

Dulu dan sekarang: Bisnis
Pada 1995, pembuatan jadwal untuk pertemuan ditambahkan untuk memfasilitasi meeting terstruktur antara buyer dan seller, yang akhirnya menggabungkan fitur seperti perfect matching (1996) dan online diary facilities (2005). Sekarang ini, 100 persen jadwal pertemuan dapat direncanakan di awal sebelum tiba di Bangkok, dan ini adalah salah satu kunci di mana para perwakilan tiap perusahaan dapat mengatur jadwal mereka di pameran dan mendapatkan waktu berdiskusi bisnis yang maksimal.

Sejalan dengan sektor asosiasi yang mendapatkan daya tarik yang lebih, acara ini kemudian menambahkan segmen Media Briefing dan presentasi destinasi (2011) dengan perjalanan mewah sebagai komponen yang digabungkan pada tahun 2012 untuk melebarkan kesempatan berbisnis.

Dulu dan sekarang: Edukasi

Dulu, ketika seminar dan sesi diskusi hanya merupakan aktivitas pelengkap di pameran dagang, IT&CMA melihat bahwa para pebisnis membutuhkan inspirasi untuk membuat bisnis mereka menjadi lebih besar.

Sejalan dengan waktu, knowledge-building dikembangkan secara spesifik untuk memisahkan tujuan para profesional MICE dengan membangun pembelajaran yang dipisahkan menjadi beberapa segmen. Hal ini termasuk sesi hands-on Campfire Knowledge, program istimewa yang didedikasikan untuk para asosiasi yaitu Association Day (2013), dan ASEAN MICE Forum (2015) untuk memajukan pasar Asia. The Future Leaders Forum, yang berpartner dengan IMEX, MPI, dan MCI, juga dimulai di tahun 2003 untuk mengilhami para siswa terbaik dan remaja untuk menantang pemikiran standar yang sudah ada dan menemukan hal baru di sektor MICE serta membangun karier mereka di industri ini.

Dulu dan sekarang: Networking
Awalnya, acara ini mengundang semua orang untuk hadir. Kemudian, IT&CMA mulai berkembang dan mengadakan sesi khusus yang mempertemukan supplier dengan pasar eksklusifnya. Hal ini membuat perjanjian bisnis menjadi lebih mudah dan relevan, sehingga meningkatkan ROI bagi para sponsor.

Sejak hadirnya sponsor pertama kali untuk acara makan siang pada tahun 1993, permintaan untuk pengadaan luncheon, dinners, dan networking cocktails bertambah banyak. Dari 1996, pre-tour dan post-tour oleh NTO (National Tourism Organization) dan CVB (Convention Bureau) didesain untuk memberikan contoh langsung produk dan pelayanan kepada para buyer, serta untuk membuat perjanjian kerja sama yang tidak hanya dapat dilakukan saat pameran.