Selangor Fokus Promosi MICE dan Pasar Baru

Thursday, 08 September 16   7 Views   0 Comments   Venue

Sektor pariwisata masih menjadi alat utama untuk menghasilkan devisa bagi suatu negara. Karena itu, dalam pasar wisata PATA Travel Mart 2016 yang diadakan pada 7-9 September 2016 di ICE BSD City, banyak negara yang berusaha untuk mempromosikan pariwisata di negaranya serta mempromosikan produk-produk wisata terbaru yang dimiliki. Salah satu badan pariwisata yang sedang gencar berpromosi untuk menggaet wisatawan MICE adalah Tourism Selangor.

Selangor merupakan suatu provinsi di Malaysia yang pada tahun ini sedang berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan MICE, selain tetap mempertahankan kunjungan turis dari pasar-pasar utama seperti Singapura, Cina, India, dan negara-negara di Timur Tengah. Untuk mempromosikan produk-produk pariwisata dan bisnis di Selangor, badan pariwisata Tourism Selangor membuat sebuah kampanye promosi bertajuk “Discover Selangor”, yang telah dijalankan sejak tahun lalu. Sektor pariwisata yang mendapat perhatian lebih oleh Tourism Selangor untuk dipromosikan adalah sport tourism, MICE, wisata medis, dan nightlife.

Sebenarnya, tak sulit untuk mendatangkan wisatawan asing ke Selangor, sebab Selangor merupakan pintu masuk utama wisatawan asing ke Malaysia; Bandara Internasional Kuala Lumpur berada di dalam Selangor, serta pelabuhan internasional Fort Klang juga berada di Selangor. Namun, yang sulit adalah bagaimana membuat para turis asing tersebut untuk singgah dulu di Selangor sebelum berwisata ke kota yang lain.

“Kami hadir di PATA ini untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk wisata baru yang ada di Selangor. Para turis kan selalu ingin mencari hal apa yang baru di destinasi-destinasi yang dikunjungi. Kami memiliki obyek wisata Sky Mirror di Pulau Angsa. Pulau itu hanya muncul 6 hari dalam sebulan, dan di hari ketujuh pulau itu hilang. Pulau itu muncul kalau ada air pasang saja. Ada pula ecotourism site Sekinchan yang memiliki pemandangan 360 derajat sawah,” ujar Noorul Ashikin Mohd Din, General Manager Tourism Selangor.

Noorul menambahkan, Tourism Selangor secara agresif mengajak media dan travel agent untuk melihat sendiri keindahan Selangor. Tourism Selangor juga aktif mengikuti pasar-pasar wisata internasional, seperti PATA dan MATTA Fair.

Negara yang paling banyak mendatangkan turis ke Selangor adalah Singapura, lalu diikuti oleh Cina, dan Indonesia. Secara umum, pasar utama Selangor adalah negara-negara di kawasan ASEAN. Sementara itu, pasar-pasar baru yang sedang diincar adalah Korea Selatan, Jepang, Cina, dan India.

“Jepang adalah pasar lama buat kita, tapi pernah kita tinggalkan sementara, dan pada tahun ini kita mau tingkatkan lagi promosinya ke Jepang, salah satunya adalah dengan mengadakan Festival Bon Odori rutin setiap tahun. Pada tahun depan kita juga akan mulai membuka pasar baru ke Australia,” ujar Noorul.

Noorul mengatakan, Tourism Selangor juga ingin menambahkan jumlah wisatawan dari Cina, sebab turis Cina selalu datang sepanjang tahun ke Selangor, dan umumnya dalam grup besar. “Kita memandang family trip dari Cina, tapi untuk generate income lebih besar, kita juga fokus pada business trip dari Cina,” ujar Noorul.

Salah satu program yang sedang dijalankan untuk mendatangkan lebih banyak turis dari Cina dan India adalah kebijakan visa gratis. “Secara keseluruhan, Malaysia memang menargetkan Cina dan India. Karena itu, kami sedang mengusahakan kebijakan visa gratis untuk kedua negara itu dulu. Kami lihat mereka punya potensi agak besar,” ujar Noorul.

Selain mengincar wisatawan leisure, Tourism Selangor juga sedang fokus pada bisnis MICE di tahun ini. Untuk memikat wisatawan MICE, fasilitas-fasilitas pendukungnya sedang dibenahi, antara lain memperluas Setia City Convention Center sehingga akan menjadi convention center terbesar di Selangor dengan kapasitas hingga 1.500 orang. Total, ada lebih dari 20 convention center di Selangor.

“Sayangnya, MICE di Selangor ini selalu fully booked pada weekend, sedangkan pada weekdays tidak terlalu ramai,” ujar Noorul.

Pada 2015, Selangor melaksanakan sekitar 13 event internasional, dan pada tahun ini ada 9 event internasional yang diselenggarakan. Untuk jumlah hotel, ada sekitar 58 hotel bintang tiga hingga lima di Selangor. Untuk menampung wisatawan sekaligus membuat produk wisata baru, Tourism Selangor juga membuat program 15 desa wisata.

Selangor berhasil memikat 7,1 juta wisatawan asing pada tahun 2015. Angka tersebut melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu 7 juta wisatawan asing. Pada 2016, target yang ditetapkan adalah kunjungan 7,2 juta wisatawan asing. Di Malaysia sendiri, pada 2015 ada sekitar 20 juta wisatawan asing yang berkunjung.

Penulis: Harry Purnama