1O1 Hotel & Resort Promosikan Wisata Melalui Sketsa

Tuesday, 10 October 17   34 Views   0 Comments   Harry Purnama
1O1 Travel Sketch
Foto: Venuemagz/Harry

1O1 Hotel & Resort bekerja sama dengan PHM Hospitality dan komunitas Sketchwalker akan menyelenggarakan kegiatan 1O1 Travel Sketch, yakni sebuah kegiatan membuat sketsa yang dipadukan dengan kegiatan traveling. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah mereka yang memiliki ketertarikan untuk melestarikan budaya dan warisan setempat melalui sketsa. Jadi, para peserta akan berjalan-jalan ke suatu destinasi, dan nantinya mereka akan membuat sketsa pemandangan yang telah mereka lihat.

1O1 Travel Sketch ini akan diadakan di tujuh kota. Untuk kota pertama yang akan disambangi adalah Bogor pada 28 dan 29 Oktober 2017, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Kota berikutnya adalah Yogyakarta pada 6-7 Januari 2018, lalu Palembang pada 10-11 Februari 2018, Bandung pada 14-15 April 2018, Malang pada 30 Juni dan 1 Juli 2018, Jakarta pada 18-19 Agustus 2018, dan Bali yang tanggalnya masih belum dipastikan.

Rangkaian pertama di Kota Bogor antara lain para peserta nantinya akan mengunjungi obyek wisata Jalan Suryakancana, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, dan Pulo Geulis. Pulo Geulis sendiri merupakan salah satu obyek wisata tersembunyi di Kota Bogor yang belum banyak diketahui masyarakat. Letak pulau ini berada di tengah Sungai Ciliwung, di antara Jalan Suryakancana dan Terminal Baranangsiang serta di belakang 1O1 Bogor Suryakancana.

Di Pulo Geulis konon ada sisa-sisa bangunan wihara tertua di Bogor. Selain itu, di Pulo Geulis juga ada masyarakat yang hasil asimilasi keturunan Tionghoa, Arab, dan Sunda. Tempat ini diyakini menjadi lokasi yang sangat menarik untuk kegiatan urban sketching.

Rangkaian kegiatan di beberapa kota ini juga turut mempromosikan pariwisata lokal di Indonesia, terutama daerah di mana PHM Hospitality memiliki jaringan hotel. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian untuk merayakan 45 tahun Panorama Group. Berkonsep dari komunitas untuk komunitas, 1O1 Travel Sketch merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada komunitas yang membutuhkan.

Pada setiap acara di tiap kota, panitia juga akan mengadakan lelang hasil sketsa yang dilakukan. “1O1 Travel Sketch di Bogor, hasil lelang akan digunakan untuk pengembangan Pulo Geulis agar menjadi desa wisata mandiri. Donasinya sendiri bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk lain yang lebih sustain, seperti pelatihan atau membangun taman bacaan. Pengembangan Pulo Geulis ini nanti akan disupervisi langsung oleh manajemen 1O1 Bogor Suryakancana,” ujar Arie Ardianti, Corporate Director of Marketing Communications PHM Hospitality.

Pada 1O1 Travel Sketch di Bogor nantinya juga akan ada berbagai workshop membuat sketsa, seperti travel sketch, human interest sketch, architecture sketch, dan culinary sketch. Untuk berpartisipasi dalam acara ini, cukup membayar Rp90.000. Selain itu, untuk mengikuti kegiatan workshop, para peserta cukup menambahkan biaya Rp150.000 untuk satu workshop atau Rp250.000 untuk dua workshop. Biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk sketching kit yang terdiri dari tas jinjing, topi, kaus, pin, tanda pengenal, dan tiga kali coffee break. Untuk pendaftaran bisa langsung mengakses www.101travelsketch.com dan pendaftaran paling lambat hingga tanggal 25 Oktober 2017.

“Kami berharap acara ini akan diikuti sekitar 300 partisipan dan 200 pengunjung,” ujar Arie.