20 Hotel Peraih Green Hotel Award 2015

Wednesday, 07 October 15   5 Views   0 Comments   Venue

Salah satu rangkaian perayaan Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September lalu adalah penyelenggaraan Green Hotel Award oleh Kementerian Pariwisata. Ajang dua tahunan ini dilaksanakan untuk memilih hotel-hotel terbaik di Indonesia yang telah menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam pengelolaannya.

Penyelenggaraan Green Hotel Award oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata ini merupakan apresiasi dan dukungan kepada para pengusaha dan pengelola hotel yang menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam rangka meningkatkan daya saing industri pariwisata, khususnya industri perhotelan. Tim juri Green Hotel Award terdiri dari Green Building Council Indonesia (GBCI), Tenaga Ahli Teknik Lingkungan, Asosiasi Pemadam Kebakaran Indonesia (APKI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Pariwisata.

Masa penjurian telah dilakukan selama Juli hingga September 2015 dengan cara verifikasi kuesioner dan peninjauan langsung ke 36 hotel di 14 provinsi. Ada 12 kriteria yang menjadi penentu dalam penghargaan ini, yakni kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku, produk ramah lingkungan dan penyerapan kandungan lokal, pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, kesehatan dan kenyamanan ruangan, pengelolaan limbah padat dan cair, kesehatan dan keselamatan kerja, pengendalian polusi udara dan kebisingan, pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya, kerja sama dengan komunitas dan organisasi lokal, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Berikut adalah 20 hotel terbaik di Indonesia yang mendapat Green Hotel Award 2015:

1. Novotel Bangka Golf & Convention Center

2. Novotel Bandung

3. Santika Premiere Yogyakarta

4. Yogyakarta Plaza Hotel

5. Singgasana Hotel Surabaya

6. Ayodya Resort Bali

7. Bali Tropical Resort and Spa

8. Novotel Manado

9. The Park Lane Jakarta

10. East Parc Yogyakarta

11. Sheraton Lampung

12. Novotel Yogyakarta

13. Batam View Beach Resort

14. Ramada Bintang Bali Resort

15. Patrajasa Semarang

16. Aston Bogor

17. Pullman Jakarta Central Park

18. JW Marriot Jakarta

19. Puri Bagus Lovina

20. Kayu Manis Ubud

Sepuluh hotel dari 20 hotel pemenang Green Hotel Award ini akan mewakili Indonesia dalam penghargaan ASEAN Green Hotel Award 2016 pada Januari 2016 mendatang di Manila, Filipina.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan pentingnya pengelolaan pariwisata berkelanjutan, tak terkecuali juga industri hotel, untuk mengedepankan pengelolaan berbasis lingkungan. “Kalau fokus di pengelolaan ramah lingkungan, value yang didapatkan itu bisa 5-10 kali lipat,” ujar Arief. “Setiap tahun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan daftar hotel-hotel yang ramah lingkungan dan tidak. Kementerian Pariwisata kemudian memberikan reward dan punishment kepada hotel-hotel tersebut. Reward-nya berupa award seperti ini, sedangkan punishment berupa pembinaan,” tandasnya.

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva