AccorHotels Mengubah Limbah Sabun Menjadi Produk Inovatif

Wednesday, 04 October 17   12 Views   0 Comments   Harry Purnama
AccorHotels

Dengan menjunjung komitmen terus berkesinambungan melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), AccorHotels di Bandung bekerja sama dengan Diverse—perusahaan cleaning industry—mengadakan kegiatan CSR pada akhir September kemarin bertajuk “Soap for Hope”. Adapun properti AccorHotels yang berpartisipasi adalah Grand Mercure Bandung Setiabudi, Novotel Bandung, Mercure Bandung City Center, ibis Styles Bandung Braga, ibis Bandung Trans Studio, ibis Bandung Pasteur, dan ibis Budget Bandung Asia Afrika.

Program Soap for Hope™ adalah program inovatif untuk mendaur ulang sabun bekas dari hotel menjadi sabun baru untuk didistribusikan ke komunitas sekitar. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan hidup dengan memberikan sabun ke komunitas yang tidak memiliki atau kesulitan mendapatkan sabun, menyediakan mata pencaharian kepada komunitas lokal melalui program daur ulang sabun, dan membantu hotel dalam mengurangi sampah dan melindungi lingkungan melalui daur ulang sabun.

Pada kegiatan tersebut, AccorHotels menyelenggarakan program Soap for Hope™ di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Bandung yang beralamat di Jalan Taman Curie nomor 23 Bandung. Program kerja sama ini diresmikan di YKAKI-Bandung bersama dengan Patrick Sibourg selaku General Manager dan Maria Dwi Aquarina selaku ketua pengurus yayasan.

Pada acara tersebut dilakukan proses daur ulang sabun yang dimulai dengan sabun dipotong-potong menjadi bagian kecil-kecil, lalu ditimbang sampai mencapai berat tertentu yang diperlukan untuk membuat sabun baru. Setelah itu, diberikan sanitasi berbahan dasar khlorin dari Diversey untuk membersihkan sabun tersebut. Kemudian sabun yang sudah dipotong itu direndam di cairan khlorin sampai sabun terlihat lebih lunak. Terakhir, sabun itu dimasukkan ke alat cetakan untuk menghasilkan sabun baru menggunakan alat yang diciptakan oleh Diversey tanpa energi listrik sama sekali. Rencananya, proses daur ulang sabun ini akan digiatkan oleh para pengurus yayasan dan para orang tua yang sedang berada di rumah singgah tersebut.

Setelah itu, sabun-sabun baru tersebut dapat dijadikan suvenir atau pun dijual kepada berbagai pihak di mana hasil penjualannya dapat dijadikan mata pencaharian oleh para orang tua yang berada di rumah singgah YKAKI-Bandung. Tidak hanya itu, program ini sangat berguna bagi properti AccorHotels yang ada di Bandung untuk mengurangi sampah barang yang tidak terpakai.

Diharapkan dengan program yang berkesinambungan ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik, masyarakat yang lebih sejahtera, dan dapat menginspirasi para masyarakat untuk menggiatkan kegiatan CSR yang sama atau bahkan lebih baik lagi.