Aksi Sosial Grandkemang Jakarta untuk Yayasan Onkologi Anak Indonesia

Wednesday, 30 August 17   14 Views   0 Comments   Harry Purnama
Yayasan Onkologi Anak Indonesia

Hotel grandkemang Jakarta baru-baru ini mengunjungi Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) yang terletak di daerah Slipi, Jakarta Barat. Kunjungan ini merupakan kegiatan lanjutan dari aksi sosial Grandkemang Fest 2017 yang mana pada aksi sosial tersebut grandkemang mengadakan pengumpulan dana dengan menyelenggarakan garage sale. Dari kegiatan yang didukung oleh manajemen, karyawan Hotel grandkemang, warga sekitar Kemang, dan pengunjung tersebut terkumpul dana sebesar lebih dari Rp7 juta yang direncanakan untuk disumbangkan kepada YOAI.

Kunjungan yang dipimpin oleh Florent Humeau, General Manager grandkemang Jakarta, ini selain menyerahkan sumbangan dan bingkisan, juga untuk berbincang-bincang dengan anak dan remaja penderita kanker yang sedang dirawat di Yayasan tersebut serta keluarga mereka.

Kunjungan disambut hangat oleh salah satu pendiri  YOAI, yaitu Kartika Purwanto. Selain menjelaskan tentang latar belakang pendirian yayasan dan kegiatan Yayasan Onkologi Anak Indonesia ini, Kartika juga menjelaskan tentang beberapa jenis dan penyebab penyakit kanker pada anak.

Yayasan Onkologi Anak Indonesia didirikan pada tanggal 24 Mei 1993 oleh beberapa orang tua sebagai bentuk ungkapan syukur karena salah satu putra atau putrinya yang pernah terkena kanker telah berhasil disembuhkan. YOAI adalah yayasan bagi pengidap kanker khusus anak dan remaja yang menyediakan bantuan dalam perawatan, pengobatan, dan penanggulangan penyakit kanker. Dalam programnya, YOAI telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit ternama, seperti RS Kanker Dharmais, DR Cipto Mangunkusumo, RS Fatmawati, RSPAD Gatot Subroto, dan RSAB Harapan Kita. Beberapa kegiatan YOAI adalah mendirikan ruang rawat khusus anak di RS Kanker Dharmais dan Adam Malik, mendirikan “One Day Care” di RS Fatmawati dan RSCM, mendirikan Graha YOAI yaitu rumah singgah dan pusat kegiatan bagi pasien dan penyintas kanker anak dan keluarganya.

Selain itu, YOAI juga mengadakan Cancer Camp sebagai program tahunan untuk memberikan semangat kepada para pasien, dan juga mendirikan persatuan anak kanker yang sudah sembuh, yaitu “Cancer Buster Community”. Yayasan yang telah berdiri selama 24 tahun itu juga memiliki rumah rawat di Jakarta berkapasitas 12 pasien beserta pendamping. Beberapa pasien berasal dari luar kota, yaitu Kalimantan, Papua, dan Batam.

“Kami sangat kagum dengan usaha yang telah dilakukan oleh YOAI ini. Dan kami sangat senang dapat membantu sedikit usaha YOAI dalam menolong para anak-anak penderita kanker ini. Kami berharap ke depannya kami bisa berperan lebih besar lagi dalam membantu yayasan sosial ini. Apalagi banyak keluarga tidak mampu yang telah dibantu oleh YOAI,” ujar Florent Humeau.