Allium Batam Hadirkan Restoran Bersertifikasi Halal

Tuesday, 01 August 17   19 Views   0 Comments   Harry Purnama
Allium Batam

Produk makanan halal memang sudah tidak asing di telinga karena Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar di dunia memang sudah memiliki Undang-Undang tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Artinya, semua produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikasi halal. Jenis produk yang dimaksud termasuk makanan, minuman, obat, kosmetik, dan sebagainya.

Oleh karena budaya untuk mengonsumsi makanan halal yang sudah melekat ini, Indonesia berhasil menyabet 12 kategori dari 16 kategori yang diperebutkan dalam penghargaan “World Halal Tourism Awards” di Abu Dhabi, Desember 2016 lalu. Ini merupakan tanda bahwa wisata Indonesia sangat memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang, bahkan menjadi kiblat wisata halal dunia.

Berdasarkan data dari Ditjen Imigrasi dan BPS, Batam menjadi kota dengan kunjungan wisatawan asing terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta dengan jumlah wisatawan mancanegara mencapai 625.944 dari Januari hingga Mei 2017. Kota Batam kental dengan Kebudayaan Melayu yang identik dengan Islam masih dan menjadi akar budaya lokal. Oleh karena kebudayaan Islam yang kental ini, produk-produk makanan halal juga tidak terpisahkan dari gaya hidup sehari-hari dari kebanyakan masyarakat kota Batam.

Dalam memenuhi kebutuhan produk makanan halal bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung, Allium Batam Hotel yang merupakan hotel bintang 4 dari grup Samali Hotels & Resorts menghadirkan outlet kuliner bersertifikasi halal MUI dengan nomor sertifikat 04160004510609. Hotel yang berlokasi di pusat perbelanjaan dan bisnis Nagoya ini menghadirkan Paris-Lyon Café yang memadukan konsep restoran dan kafe yang modern serta fungsional. Para tamu dapat memilih antara ruang tertutup dan terbuka yang tersedia di kafe ini. Berbagai pilihan menu dari tradisional hingga internasional tersedia di kafe ini.

Paris-Lyon Café sudah memenuhi persyaratan sertifikasi halal yang tertuang dalam dokumen HAS 23000. Kriteria Sistem Jaminan Halal tersebut meliputi Kebijakan Halal, Tim Manajemen Halal, Pelatihan dan Edukasi, Bahan, Produk, Fasilitas Produksi, Prosedur Tertulis Aktivitas Kritis, Kemampuan Telusur, Penanganan Produk yang Tidak Memenuhi Kriteria, Audit Internal, dan Kaji Ulang Manajemen.

Bagi para tamu yang ingin merasakan pengalaman kuliner khas hotel bintang 4 dengan jaminan halal, Paris-Lyon Café dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena selain mutu dan jaminan halalnya, Paris-Lyon Café juga merupakan kafe pertama dan satu-satunya di Batam yang menyajikan Black Wood-fired pizza yang juga merupakan menu andalan. Hidangan ini dimasak dalam oven tungku yang terbuat dari batu bata untuk mempertahankan aroma, memberikan tekstur khas, dan mempersingkat waktu dalam memanggang pizza. Pizza yang dibanderol mulai dari Rp60.000 ini tersedia dalam tujuh variasi, yaitu Margherita, Meat Lover, Pepperoni, Hawaian Chicken, Chicken Alfredi, Tuna Corn, dan Allium’ 2 Seasons Pizza. Namun, jangan khawatir jika Anda lebih menyukai masakan khas Indonesia karena menu-menu tradisional juga dapat Anda temukan di kafe dengan gaya interior khas kota Paris dan kota Lyon ini.

Allium Batam Hotel merupakan produk upscale collection dari Samali Hotels & Resorts yang memadukan sambutan dan pelayanan yang hangat, menawarkan pilihan untuk perjalanan bisnis maupun liburan yang menarik dan sepadan. Allium Batam menawarkan 211 kamar dengan fasilitas Wifi gratis, ruang meeting, Paris-Lyon Café, lounge, pusat kebugaran, dan kolam renang outdoor.