Ammi Cepu Paket Lengkap bagi Pekerja Tambang

Wednesday, 11 January 17   5 Views   0 Comments   Venue

Pamor Blok Cepu sebagai ladang minyak terbesar di Indonesia mencuat ketika pada tahun 2001 perusahaan minyak asal Amerika Serikat, ExxonMobil, menemukan Lapangan Banyu Urip. Lapangan minyak tersebut diproyeksikan mengandung 450 juta barel minyak mentah dengan produksi mencapai 165.000 barel per hari pada akhir 2015.

Kisah penemuan “emas hitam” di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut memang bukan kisah baru, mengingat kegiatan eksplorasi telah dimulai pada tahun 1893. Dordtsche Petroleum Maatschappij, perusahaan minyak asal Belanda yang dikomandoi Adrian Stoop, merupakan perusahaan pertama yang melakukan eksplorasi minyak dan gas di Cepu, tepatnya di Desa Ledok, Kecamatan Cepu, Jawa Tengah. Kala itu, Cepu diproyeksikan menyimpan 650 juta barel minyak mentah.

Kini, pengelolaan Blok Cepu berada di bawah perusahaan patungan ExxonMobil dan PT Pertamina EP, Mobil Cepu Ltd. Kehadiran dua perusahaan minyak raksasa itu di Cepu membangkitkan degup perekonomian lokal. Sejumlah investor di sektor hospitality berlomba menancapkan jaringan bisnisnya di Cepu, seperti yang dilakukan Samali Hotel & Resorts.

Hotel Ammi Cepu merupakan properti pertama yang dioperasikan Samali Hotel & Resorts di Cepu. Amelia Femmy Hayati, Corporate Public Relations Samali Hotels & Resorts, mengakui, keberadaan perusahaan perminyakan di kawasan tersebut menopang tingkat hunian kamar Ammi Cepu hingga 95 persen sejak dioperasikan pada September 2014. “Bahkan, 80 persen dari tamu kami yang berasal dari perusahaan minyak melakukan longstay dengan lama inap dua minggu hingga tiga bulan,” kata Amelia.

Ammi Cepu memiliki 62 kamar yang terdiri atas empat tipe: Samali Suite, Ammi Suite, Executive, dan Deluxe. Arsitektur hotel mengusung gaya Javanese Colonial dengan suasana era kolonial yang begitu kental. Konsep tersebut selaras dengan desain lobi hotel yang memiliki langit-langit menjulang setinggi tiga meter dengan deretan jendela berukuran raksasa dan lampu gantung bergaya klasik.

Untuk kebutuhan bisnis, Ammi Cepu menyediakan empat ruang pertemuan berkapasitas sepuluh hingga 100 orang. “Fasilitas lainnya adalah restoran, pusat kebugaran, kolam renang, dan jaringan Internet di seluruh area hotel,” tutur Femmy.

Melihat kebutuhan pasar Cepu masih terus bertumbuh, Samali Hotel & Resorts menargetkan untuk membuka dua properti tambahan pada tahun depan. Di kelas bintang empat, Samali Hotel & Resorts menawarkan brand Allium Cepu Hotel, sedangkan untuk bintang tiga menghadirkan Arum Cepu.

Alium Cepu, menurut Femmy, akan menjadi properti ketiga yang dioperasikan Samali Hotel & Resorts untuk hotel bintang empat, setelah di Tangerang dan Batam. Serupa dengan Ammi Cepu, Allium Cepu juga akan mengadopsi desain arsitektur art deco dengan 54 kamar bertipe Deluxe, Executive, dan Allium Suites.

“Tipe Deluxe terdiri dari 36 kamar, Executive 12 kamar, dan enam kamar untuk Allium Suites. Setiap kamar akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti Internet, televisi LCD, meja, personal safe, electric kettle, mini fridge, dan pengering rambut,” ujar Femmy.

Untuk kebutuhan bisnis, Allium Cepu Hotel dilengkapi dua ruang pertemuan berdaya tampung 14-30 orang dan Supangkat Ballroom dengan kapasitas hingga 1.000 orang. Keberadaan ballroom, menurut Femmy, bertujuan untuk mengakomodasi besarnya permintaan pasar akan ruang serbaguna berkapasitas besar. “Selama ini, tamu memesan ruang untuk kegiatan yang melibatkan lebih dari 400 peserta. Sementara Ammi Cepu tidak memiliki ruangan sebesar itu. Untuk itulah kami menghadirkan ballroom di Allium Cepu,” imbuhnya.

Sementara untuk kelas menengah, Samali Hotel & Resorts akan meluncurkan Arum Cepu Hotel. “Pada dasarnya, hotel di Cepu didominasi bintang tiga dan okupansinya pun cukup bagus. Bahkan, banyak tamu yang tidak mendapatkan kamar. Keberadaan Sekolah Tinggi Energi dan Mineral STEM Akamigas di Cepu juga menjadi pasar potensial untuk mengembangkan hotel bintang tiga,” jelas Femmy.

Arum Cepu Hotel akan memiliki 60 kamar yang terbagi atas dua tipe, yakni Superior dan Deluxe. Lokasi hotel ini nantinya akan bersebelahan dengan Allium Cepu dengan bangunan yang juga mengusung gaya kolonial. Oleh karena lokasinya yang berdekatan, Allium Cepu dan Arum Cepu akan berbagi sejumlah fasilitas pendukung, seperti restoran, kolam renang, dan trek joging.

 

AMMI CEPU

Jl. Gianti No. 14 Cepu 58315 Jawa Tengah

T: (+62296) 426 9191

F: (+62296) 426 9393

E: contact@ammicepu.com

W: ammicepu.samalihotels.com

Penulis: Harry Purnama