Archipelago International Mengakomodasi Wisatawan Muslim

Monday, 23 November 15   2 Views   0 Comments   Venue

Pada tahun 2014, wisatawan muslim dunia mengeluarkan uang sekitar US$142 miliar di sektor pariwisata, dan diperkirakan pada tahun 2020 pengeluarannya mencapai 25 persen dari pengeluaran perjalanan global. Untuk menggaet pasar yang potensial tersebut dan meningkatkan pelayanan terhadap tamu wisatawan muslim di hotel-hotelnya, Archipelago International baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Salam Standard, yaitu sebuah perusahaan yang menetapkan standardisasi di bidang perhotelan bagi wisatawan muslim di seluruh dunia.

Salam Standard memberikan informasi mengenai fasilitas dan pelayanan yang muslim-friendly di hotel dan resor seluruh dunia. Selain itu, Salam Standard juga menerapkan standar sebuah hotel yang cocok untuk wisatawan muslim. Standardisasi tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Gold, Silver, dan Bronze.

Saat ini, lebih dari 60 hotel di bawah naungan grup Archipelago International telah terdaftar di Salam Standard. Sebanyak 31 hotel masuk dalam klasifikasi Bronze Standard, yang berarti mereka menyediakan tanda petunjuk kiblat di dalam kamar, sajadah, dan Al-Quran sesuai dengan permintaan. Sementara, 21 hotel lainnya masuk dalam kategori Silver Standard, di mana hotel tersebut selain menyediakan fasilitas dari Bronze Standard, juga menawarkan informasi tentang restoran halal di sekitar hotel dan tidak menawarkan atau menampilkan minuman beralkohol pada mini-bar di kamar. Untuk kategori Gold Standard, ada 16 hotel yang telah masuk dalam kategori ini. Pada kategori tersebut, setiap hotel menyajikan makanan halal yang telah disertifikasi oleh lembaga sertifikasi halal yang diakui.

“Indonesia memiliki populasi muslim tertinggi di dunia yang merupakan segmen pelanggan terbesar kami untuk hotel-hotel di bawah naungan grup Archipelago International di seluruh Indonesia. Memahami dan mengantisipasi kebutuhan tamu merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebut dibutuhkan agar kami dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Kami memahami bahwa hal tersebut pun dapat menjadi rumit bagi wisatawan untuk mencari dan memilah informasi yang ada untuk menemukan hotel terbaik bagi mereka dan keluarga dengan kebutuhan yang sesuai agama mereka. Kami berharap standardisasi baru ini akan dapat membantu membuat pencarian tersebut menjadi lebih mudah,” ujar Tenaiya Brookfield, VP Sales & Marketing Archipelago International.

Penulis: Harry Purnama