#ARTOTELFORHOPE Galang Harapan dan Kepedulian Sosial

Wednesday, 07 December 16   2 Views   0 Comments   Venue

Menyambut hari raya Natal dan tahun baru, ARTOTEL Indonesia mempersembahkan program #ARTOTELforHOPE yang berlangsung secara serentak di ARTOTEL Jakarta, Surabaya, dan Bali pada tanggal 1-31 Desember 2016. Melalui program ini, ARTOTEL mengajak para tamu hotel untuk menuliskan harapan yang ingin diraih di tahun depan dalam sebuah post it, kemudian ditempelkan di Dinding Harapan (Wall of Hope) yang berada di lobi ARTOTEL Thamrin-Jakarta, ARTOTEL Surabaya, dan ARTOTEL Sanur-Bali.

Selain menggalang kepedulian akan harapan para tamu hotel, ARTOTEL juga menggalang kepedulian sosial untuk lingkungan sekitar hotel. Setiap post it yang ditulis oleh tamu akan dihargai Rp5.000 oleh pihak hotel, dan manajemen hotel akan menyumbangkan nilai dari post it yang terkumpul kepada yayasan sosial yang berada di sekitar hotel dan telah ditunjuk oleh masing-masing hotel. ARTOTEL Indonesia sendiri menargetkan jumlah post it yang ditempel mencapai 1.000 buah. Selain itu, pihak hotel juga membuka kesempatan kepada setiap tamu yang ingin ikut berdonasi dengan sukarela.

ARTOTEL Thamrin-Jakarta akan memberikan sumbangan kepada Gerakan Peduli Dyslexia, yaitu sebuah gerakan untuk meningkatkan kepedulian kepada anak-anak penyandang disleksia dan mengarahkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak tersebut agar berguna bagi diri sendiri dan lingkungan.

Sementara itu, ARTOTEL Surabaya akan menyumbangkan dana yang terkumpul kepada Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI) Surabaya. Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI) sendiri adalah organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 2014, bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. ARTOTEL Surabaya terpanggil untuk bekerja sama dengan YPKAI pada program #ARTOTELforHOPE guna membantu pengumpulan donasi bagi anak yang menjalani pengobatan kemoterapi.

Selain itu, ARTOTEL Surabaya juga menyelenggarakan kegiatan Art Bazaar pada tanggal 16 Desember 2016 dengan menggandeng para perajin lokal Surabaya, yang salah satunya adalah perajin seni batik dari kawasan eks Dolly Surabaya yang kini sudah berubah menjadi sentra kerajinan seni khas Surabaya. Sekitar 10 persen dari total keuntungan Art Bazaar ini akan disumbangkan juga kepada penderita kanker dari YPKAI Surabaya. 

Terakhir, ARTOTEL Sanur-Bali akan menyumbangkan dana yang terkumpul kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat khusus Tuna Grahita, YPAC Jimbaran, dengan cara membeli hasil kerajinan tangan yang mereka buat. Selama ini, anak-anak di yayasan ini telah dibina kreativitasnya untuk membuat gelang yang kemudian dipasarkan ke sejumlah pusat oleh-oleh yang tersebar di Bali. Namun, karena kondisi perekonomian di tahun 2016 yang tidak begitu baik membuat permintaan pasar akan karya mereka hampir tidak ada. Melihat keadaan ini, ARTOTEL Sanur-Bali terpanggil untuk memberikan penghargaan atas kreativitas mereka dengan menyumbangkan donasi dari program #ARTOTELFORHOPE.

“Melalui #ARTOTELFORHOPE kami ingin mengajak para tamu ARTOTEL untuk mengekspresikan harapannya yang ingin diraih di tahun depan dan juga kepedulian sosialnya. Program ini akan menjadi agenda tahunan kegiatan ARTOTEL di bulan Desember,” ujar Erastus Radjimin, CEO ARTOTEL Indonesia.

Penulis: Harry Purnama