Harga Kamar Hotel Di Dunia Meningkat

Monday, 07 December 15   0 Views   0 Comments   Venue

Berdasarkan data terbaru dari HRS menunjukkan bahwa harga menginap di kamar hotel seluruh dunia menunjukkan tren yang meningkat. Dari hasil analisis data pada kuartal ketiga 2015, London mempertahankan posisinya sebagai kota termahal di Inggris Raya dan ibu kota negara termahal di seantero Eropa, dengan rata-rata harga kamar 140 poundsterling per malam.

Edinburgh juga mempertahankan posisinya sebagai destinasi termahal kedua di Inggris Raya dengan harga kamar 116 poundsterling per malam. Rata-rata harga kamar tersebut meningkat sekitar tujuh persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Untuk pertama kalinya, Bristol menjadi kota termahal ketiga untuk menginap, dengan peningkatan sekitar 17 persen dibandingkan kuartal yang sama pada 2014. Harga rata-rata kamar per malam di Bristol adalah 96 poundsterling. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena adanya pembuatan jalur hiburan Shaun in the City serta festival tahunan Balloon Fiesta.

Sementara itu, dengan adanya peningkatan 31 persen pada kuartal ketiga 2015 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, harga kamar per malam di Cardiff melonjak tinggi menjadi 95 poundsterling.

Jon West, Managing Director HRS Inggris Raya dan Irlandia, mengatakan, “Di Cardiff, event olahraga besar seperti Piala Dunia Rugby dan The Ashes diselenggarakan pada kuartal ketiga 2015 sehingga para pebisnis hotel pun menaikkan harga kamarnya.”

“Meskipun Piala Dunia Rugby diadakan di Cardiff, tapi permintaan kamar hotel juga menyebar ke Gloucester, Exeter, dan Bristol. Karena itulah Bristol masuk ke peringkat ketiga kota dengan harga kamar hotel termahal di Inggris Raya,” ujar West.

Jika melihat data pada kuartal ketiga 2015, di London terjadi peningkatan lebih dari 16 persen dibandingkan kuartal ketiga 2014. Rata-rata harga kamar hotel di London saat ini 15 poundsterling lebih mahal dibandingkan Zurich yang ada di posisi kedua dengan 125 poundsterling. Secara mengejutkan Istanbul berada di posisi ketiga dengan harga kamar 110 poundsterling per malam. Sementara itu, harga hotel termurah berada di Praha hanya 49 poundsterling per malam, diikuti oleh Warsawa (53 poundsterling), dan Budapest (56 poundsterling). (Baca juga: Melia Hotels International, Grup Hotel Terbaik Di Dunia)

Penulis: Harry Purnama