Makanan Halal Di Syariah Hotel Solo

Monday, 02 November 15   6 Views   0 Comments   Venue

Syariah Hotel Solo kian mengokohkan posisinya sebagai hotel syariah terbesar di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan oleh Syariah Hotel Solo dengan menerima sertifikat jaminan mutu halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah untuk kategori restoran. Penyerahan sertifikat halal tersebut diterima langsung oleh Purwanto Yudhonagoro, General Manager Syariah Hotel Solo, pada 21 Oktober 2015.

Purwanto mengungkapkan, untuk mendapat sertifikat jaminan mutu halal ini dinilainya tak mudah. Menurutnya, dibutuhkan waktu sekitar dua tahun agar Syariah Hotel Solo sesuai dengan standar kehalalan MUI.

“Proses kami untuk mendapatkan sertifikat ini benar-benar fair dan mengikuti semua prosedur yang disyaratkan oleh MUI. Terlebih item yang kami ajukan cukup banyak, dan hal ini yang menjadi tantangan kami untuk merampungkannya,” ujarnya.

Dengan mendapatkan sertifikat halal di kategori restoran ini, Purwanto berkata, sertifikat ini bisa menjadi pemicu manajemen Syariah Hotel Solo untuk senantiasa menampilkan pelayanan hospitality dan produk-produk yang disajikan kepada para tamu secara halal dan sesuai standar MUI. Selain itu, untuk meningkatkan performa kualitas kehalalan dan selalu terkawal, pihaknya pun menerjunkan Executive Chef Syariah Hotel Solo, Andrian Yoga, untuk mengikuti pelatihan Sistem Jaminan Halal yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI Jateng agar selanjutnya dapat disosialisasikan kepada seluruh manajemen Syariah Hotel Solo.

Sementara itu, Ahmad Izzudin, Sekretaris sekaligus Auditor LPPOM MUI Jateng, memaparkan, Syariah Hotel Solo menjadi satu-satunya hotel yang restorannya mendapat sertifikasi halal. Menurut Izzudin, Syariah Hotel Solo menurutnya telah berhasil lolos melewati 11 kriteria produk halal oleh MUI, antara lain tingkat titik kritis bahan pangan, daftar produk dan bahan pangan, SOP pembelian, dan proses produksi pangan.

“Dengan telah terbitnya sertifikat ini, sudah jelas bahwa produk makanan dan minuman yang disajikan Syariah Hotel Solo terjamin kehalalannya. Hal tersebut dapat menjadi nilai lebih hotel ini dalam memenangkan pasar di dalam ketatnya bisnis hospitality,” ujar Purwanto. (Baca juga: Melia Bali Menjadi Hotel Ramah Lingkungan)

Penulis: Harry Purnama