Melia Purosani Yogyakarta Meraih Penghargaan Green Hotel Award 2017

Monday, 09 October 17   21 Views   0 Comments   Harry Purnama
Melia Purosani Yogyakarta

Melia Purosani Yogyakarta menerima penghargaan Green Hotel Award 2017 dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Dengan demikian, hotel ini termasuk dalam lima hotel berwawasan lingkungan terbaik di Indonesia. Melia Purosani Yogyakarta berhasil masuk ke daftar tersebut setelah melalui serangkaian tahap penyaringan dan seleksi dengan banyak hotel dan resor lainnya di Indonesia. Setiap nominasi telah dievaluasi dan dinilai oleh juri-juri profesional yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata. Green Hotel Award 2017 diberikan kepada pengelola hotel terbaik yang dinilai telah mengimplementasikan prinsip-prinsip ramah lingkungan.

Melia Purosani Yogyakarta dinilai telah memenuhi 14 kriteria penjurian, yakni kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan, penyerapan kandungan lokal, pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, pengelolaan kualitas udara dalam dan ruang, ruang bangunan, pengelolaan limbah padatan dan air, pengelolaan lahan sekitar bangunan, serta pengendalian polusi kebisingan/suara. Selain itu, terdapat juga penilaian mengenai pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya, kerja sama dengan komunitas, masyarakat, dan organisasi lokal, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

“Menerima penghargaan sebagai Green Hotel 2017 dan masuk dalam lima besar hotel berwawasan lingkungan tentunya adalah hal yang sangat membanggakan bagi kami. Setelah sebelumnya pada tahun 2016 Melia Purosani juga menerima sertifikasi EarthCheck Gold Certificate, sebuah sertifikasi lingkungan bertaraf Internasional yang diberikan kepada pelaku pariwisata yang berkomitmen menjaga lingkungan dan menerapkan operasional yang membantu keberlanjutan industri pariwisata internasional,” ujar Jeronimo Molina, General Manager Hotel Melia Purosani Yogyakarta.

Prestasi ini tentunya merupakan suatu pencapaian positif yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan tujuan Melia Purosani sebagai hotel yang berwawasan lingkungan, di mana pihak hotel berhasil mencapai keseimbangan yang tepat antara memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu, pelayanan terhadap masalah lingkungan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Danang Setyawan, Marketing Communications Melia Purosani Hotel Yogyakarta, mengatakan, “Melalui konsistensi Green Team Melia Purosani dan juga dukungan dari manajemen, hotel ini berhasil memadukan konsep layanan terbaik dan keberlanjutan lingkungan, Green Hotel Award dan EarthCheck Gold Certification ini telah menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik dan tetap berkomitmen terhadap tujuan kami demi terwujudnya sustainable tourism.

Hotel yang masuk dalam 5 besar Green Hotel Award 2017 akan mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Green Hotel Award di Chiang Mai, Thailand, pada Januari 2018. Dengan pencapaian ini diharapkan dapat menginspirasi para pelaku usaha pariwisata lainnya dan juga seluruh masyarakat untuk terus-menerus berperan aktif dalam upaya pelestarian alam, budaya, dan juga lingkungan sekitar. Penerapan konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan oleh para pelaku industri pariwisata sangat penting bagi perkembangan pariwisata Indonesia karena akan berpengaruh secara langsung bagi posisi Indonesia di peringkat daya saing pariwisata dunia.

Hotel bintang lima dengan taraf internasional di bawah bendera Melia Hotel International ini berlokasi tepat di jantung kota, bersebelahan dengan Jalan Maliboro yang merupakan salah satu trade mark bagi Kota Yogyakarta. Melia Purosani Yogyakarta memiliki total 280 kamar dengan fasilitas lengkap standar hotel berbintang lima.