Memajukan Kualitas Hotel, IHGMA Bogor Raya Berikan Penghargaan

Tuesday, 28 February 17   9 Views   0 Comments   Venue

Untuk pertama kalinya Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bogor Raya menggelar seminar revenue maximizing, malam inagurasi, dan penghargaan IHGMA pada 24 Februari 2017 di Hotel Royal Juanda Bogor. Acara tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan kualitas para pekerja hotel serta memperluas jaringan bisnis di antara sesama general manager hotel.

Bustamar Koto, Ketua IHGMA Bogor Raya, mengatakan, IHGMA Bogor Raya sangat aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk memajukan dan mengembangkan sumber daya manusia pariwisata maupun hotel yang ada di Bogor dan sekitarnya. Seminar kali ini diikuti 152 peserta dari Jakarta, Bogor, Bandung, dan Banten. Ia menambahkan, IHGMA Bogor Raya juga mengadakan acara lain, seperti Bogor Hotel Food Festival, Hotel Super Sales, dan kunjungan ke sekolah-sekolah.

Bustamar menjelaskan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pelaku perhotelan yang diharapkan dapat lebih memacu semangat para general manager hotel yang ada di kota dan Kabupaten Bogor. Bustamar mengatakan, program penghargaan ini diharapkan dapat dikembangkan oleh IHGMA lain di seluruh Indonesia. “Penilaian yang dilakukan bukan berdasarkan revenue, tapi berdasarkan pertumbuhan persentase okupansinya. Pertumbuhan okupansinya itu dilihat dari 2015 hingga 2016. Jadi, cara yang dilakukan benar-benar transparan,” kata Bustamar.

Shahlan Rasyidi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor, mengatakan, perhelatan semacam ini patut diapresiasi meskipun ini baru pertama kali diadakan. “Penghargaan yang diberikan mudah-mudahan dapat memberikan motivasi, dorongan, dan semangat bagi para general manager hotel di Bogor Raya,” ujar Shahlan.

Kota Bogor dan sekitarnya saat ini memiliki 70 hotel berbintang. Shahlan mengatakan, hotel-hotel di Bogor siap menyambut wisatawan yang datang. “Sabtu dan Minggu hotel di Bogor selalu penuh, tapi harus lebih ditingkatkan menginapnya, minimal tiga hari dua malam sehingga kegiatan belanja wisatawan lebih besar di Kota Bogor,” kata Shahlan.

Daftar penerima penghargaan IHGMA Bogor Raya
1. Best Performing Bogor Hotel 2016: Salak The Heritage Hotel Bogor
2. Best Service Hotel 2016: Grand Savero Hotel Bogor
3. Best Partner 2016: MG  Group dan Traveloka
4. Most Favorit General Manager 2016: Krisna Permana, General Manager Grand Savero Hotel Bogor
5. Best Hotel Support 2016: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

Penulis: Ahmad Baihaki