Nama Baru Bidakara Hotels & Resorts

Thursday, 08 December 16   4 Views   0 Comments   Venue

Konsultan properti Colliers International Indonesia menyatakan, Jakarta mesti bersiap mengantisipasi penambahan kamar baru selama periode 2016-2018 sebanyak 10.509 kamar di 51 hotel baru. Colliers juga mencatat, pada akhir tahun 2015 pasokan total kamar dari hotel berbintang di wilayah DKI Jakarta saja mencapai 37.648 kamar di 179 hotel.

Sementara itu, berdasarkan data dari Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI), saat ini jumlah kamar hotel berbintang dan non-bintang di Indonesia mencapai 520.000 kamar. Jumlah tersebut membuat Indonesia menjadi negara dengan jumlah kamar hotel terbanyak di Asia Tenggara.

Mochamad Soleh, Direktur PT Bumikarsa Bidakara, mengatakan bahwa pertumbuhan hotel setiap tahunnya mencapai  30-40 persen. Sayangnya, supply yang berlimpah ini tidak sebanding dengan demand yang biasa saja. Tantangan bagi industri hotel pun semakin ketat ketika pemerintah melakukan pemangkasan anggaran dan mengurangi perjalanan dinas serta rapat di hotel. Akibatnya, persaingan harga di industri hotel gila-gilaan.

Mengantisipasi kondisi industri perhotelan sekaligus untuk memperkuat brand dan internal perusahaan, PT Bumikarsa Bidakara mendirikan Bidakara Hotels & Resorts. Melalui brand baru ini, tiga hotel di bawah PT Bumikarsa Bidakara, yakni Hotel Bidakara Jakarta, Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung, dan Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, akan dikelola di bawah perusahaan yang sama, yaitu Bidakara Hotels & Resorts.

Menurut Soleh, selama ini ketiga hotel tersebut di bawah PT yang berbeda sehingga dianggap tidak efisien. “Dengan penyatuan ini nantinya SOP menjadi seragam,” ujar Soleh.

Ketiga hotel tersebut juga akan berganti nama. Hotel Bidakara Jakarta menjadi Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung menjadi Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, dan Hotel Bisanta Bidakara Surabaya menjadi Hotel Bidakara Fancy Tunjungan. “Tentunya tidak hanya berganti nama, tapi renovasi mulai dari lobi sampai kamar akan kami lakukan bertahap,” imbuh Soleh.

Demi memperluas segmen pasar, Bidakara Hotels & Resorts juga membagi hotelnya ke beberapa kategori bintang, antara lain Luxury untuk bintang 4, Grand untuk bintang 4, Fancy untuk bintang 3, dan Smart untuk hotel bujet. Bidakara Hotels & Resorts menargetkan pada 2017 akan membuka atau mengelola 5 hotel baru.

“Targetnya terkesan konservatif, tapi kami hanya mencoba realistis,” ujar Soleh.

Penulis: Johana