Pameran di dalam Kamar

Wednesday, 31 August 16   4 Views   0 Comments   Venue

Pada 29 Agustus, ARTOTEL Thamrin Jakarta menggelar soft launching pameran seni rupa kontemporer di dalam kamar dengan tema  #UniverseBehindTheDoor. Terselenggaranya pameran ini merupakan kolaborasi antara ARTOTEL Indonesia dengan Art Dept Id dan Generation-G yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mendukung seniman muda Indonesia. Pameran ini melibatkan 5 public figure, 27 seniman muda kontemporer Indonesia, dan dilakukan di dalam 5 kamar hotel ARTOTEL Thamrin Jakarta.

Yulia Maria, Corporate Marketing Communication Manager ARTOTEL Indonesia, mengatakan, pameran seni rupa #UniverseBehindTheDoor terinspirasi oleh pameran yang ada di luar negeri, dan selama ini seperti yang diketahui bahwa pameran seni biasanya dilakukan di galeri seni. Karena itu, ARTOTEL membuat sesuatu yang baru dengan mengadakan pameran seni rupa di dalam kamar hotel.

“Tujuannya untuk memperkenalkan dan juga mengedukasi karya seni kepada masyarakat, bahwa pameran karya seni yang biasa dilakukan di galeri seni, saat ini sudah bisa dilakukan di kamar hotel. Ide ini muncul dari hotel-hotel di luar negeri yang sudah melakukannya, seperti di London, Korea, Hong Kong yang kamar-kamar hotelnya penuh dengan karya seni,” kata Yulia.

Rangkaian acara pameran dimulai dari kegiatan Raffle Night, yaitu malam pengundian penentuan bagi lima pasang host untuk mendapatkan kelompok seniman. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 seniman yang bekerja sama untuk menentukan konsep dan pembuatan karya seni yang diletakkan di lima kamar.

Kelima pasang host public figure terpilih masing-masing dari berbagai profesi, yaitu Dian Sastrowardoyo dan Maulana Indraguna (artis film dan pasangannya), Andien Aisyah dan Ippe Wahyudi (musisi jazz dan pasangannya), Adhikamaxi dan Karen Carlotta (pasangan Chef pemilik  Union Brasserie), Leonard Theosabrata dan Irene Yuliana (pendiri bengkel kreatif Indoestri dan pasangannya), serta Diaz Parzada dan Wilsen Willim (pengamat seni dan fashion).   

“Pameran seni kontemporer ini apabila animonya bagus rencananya akan diadakan setiap tahun atau dua tahun sekali, baik di cabang ARTOTEL yang ada di Surabaya maupun Bali. Sekaligus rencana ke depannya kami akan menggalang atau memperkenalkan seniman-seniman lokal baru untuk berkarya di ARTOTEL,” kata Yulia.

Amalia Wirjono, Pendiri Art Dept Id mengatakan, #UniverseBehindTheDoor memperkenalkan koleksi karya seni secara dini sehingga dapat mendekatkan jarak antara karya seni dengan audien yang baru, terlebih masing-masing host yang akan tampil berasal dari berbagai macam profesi.

Pameran seni rupa kontemporer ini dibuka secara resmi pada 21 Oktober 2016 sekaligus sebagai bentuk perayaan HUT ke-3 ARTOTEL Thamrin-Jakarta. Selanjutnya, pameran ini akan dibuka untuk publik secara gratis mulai dari 22 Oktober hingga 20 November 2016.   

Penulis: Ahmad Baihaki