Para Tamu Menguras Ikan di Danau Aston Sentul Lake Resort

Friday, 06 October 17   21 Views   0 Comments   Harry Purnama
Aston Sentul Lake Resort
Foto: Dok. Aston Sentul Lake Resort

Terinspirasi dari tradisi Sunda yang turun-menurun, Aston Sentul Lake Resort & Conference Center pada 30 September 2017 mengadakan acara “Ngubek Situ” untuk pertama kalinya dan dibuka untuk umum. “Ngubek Situ” merupakan istilah Sunda yang mengacu kepada kegiatan mencari ikan bersama-sama di danau.

“Ngubek Situ” berlokasi di area danau Aston Sentul seluas 3.500 meter persegi. Sejak pukul 14.00 hingga 17.00, para peserta beramai-ramai menceburkan diri ke dalam danau untuk mencari ikan. Jenis ikan yang terdapat di danau Aston Sentul antara lain ikan mas, nila, mujair, bawal, koi, oscar, gurame, dan lele. Tak kurang dari 35 peserta yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa turun ke danau dan merasakan keceriaan mencari ikan. Salah satu peserta dan juga tamu hotel yang berasal dari Ukraina menuturkan, dengan terlibat di acara yang terinspirasi dari budaya Sunda ini dia mendapatkan pengalaman pertama sekaligus menyenangkan sepanjang berlibur di Indonesia.

Para tamu yang mengikuti keseruan “Ngubek Situ” dan berhasil mendapatkan ikan dapat langsung membakar atau menggoreng ikan hasil tangkapannya di pinggir danau dengan membayar Rp50.000 per orang, termasuk dua ekor ikan, nasi, lalap, sambal, sayur asam, kerupuk, dan air mineral. Acara ini akan menjadi program rutin sebagai bentuk membudayakan sekaligus mengenalkan tradisi lokal Jawa Barat kepada para tamu.

Aston Sentul Lake Resort & Conference Center berada di Sentul City, dekat dengan jalan tol Jakarta-Bogor sehingga ideal untuk kebutuhan bisnis, konferensi, dan acara lainnya. Hotel ini juga pilihan tepat untuk liburan bersama keluarga yang ingin menghindar dari hiruk pikuk kota Jakarta.

Aston Sentul Lake Resort & Conference Center ini dilengkapi dengan 212 kamar dan suite, 8 vila, 11 ruang pertemuan mutakhir, dan sebuah ballroom berkapasitas hingga 1.000 orang. Aston Sentul juga dilengkapi restoran dengan banyak pilihan menu, kolam renang, spa, pusat kebugaran berperalatan lengkap, area bermain anak, dan danau menawan yang dikelilingi oleh taman tropis yang rimbun.

Untuk liburan, hotel ini berjarak lima menit berkendara ke Jungleland Adventure Theme Park, atau hanya berjalan kaki ke Taman Budaya dan Sentul Highland Golf. Sementara Pasar Ah Poong, pasar terapung yang menjadi tujuan kuliner bagi wisatawan di Sentul City, bisa ditempuh dalam 12 menit.