Pesan Hotel Dadakan dengan Mudah via RoomToday

Thursday, 22 September 16   3 Views   0 Comments   Venue

Private equity Indonesia Northcliff yang berbasis di Singapura telah mengakuisisi RoomToday, yaitu sebuah perusahaan perintis berbasis teknologi (start-up) yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat. Northcliff yang berpartner dengan PT Simasindo itu kini memiliki 100 persen saham RoomToday.

RoomToday merupakan sistem pemesanan hotel secara online yang didirikan tahun 2015. Aplikasi pemesanan hotel ini memudahkan konsumen melakukan pemesanan hotel secara dadakan (last minute hotel booking) dengan harga terbaik dan dipastikan termurah.

RoomToday, dengan slogan Last Minute Hotel Deals, akan menawarkan pemesanan hotel yang cepat dan sederhana bagi wisatawan dan konsumen yang sadar harga, melek teknologi, mobilitas tinggi, dan membutuhkan kamar hotel tanpa ingin dibebani dengan keharusan memesan hotel di awal.

Erry Sulistio, CEO Northcliff, mengatakan, perusahaan start-up ini merupakan portofolio aset yang penting bagi perusahaan. “Sektor hospitality di Indonesia telah tumbuh dan tetap menarik bagi para investor. Ekonomi Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara, dan kami berharap akan ada kehadiran 12 juta wisatawan mancanegara di Indonesia. Ini belum termasuk wisatawan lokal yang jumlahnya sangat banyak,” ujar Erry.

Fokus dan keinginan utama Northcliff tetap berada di private equity. Perusahaan akan memperkuat strategi dan nilai-nilai perusahaan dengan investasinya di sektor perhotelan dan properti. Investasi di perusahaan teknologi merupakan tambahan yang baik bagi portofolio perseroan karena potensinya yang besar dalam lima tahun ke depan.

Fernando Castillo, Chief Financial Officer Northcliff, mengatakan, RoomToday akan masuk ke pasar kelas menengah Indonesia yang besar, dan akan hadir pertama-tama di 12 kota besar di Indonesia. “Kami melihat ada pertumbuhan pesat pada kebutuhan last minute deal. Menurut data Indonesia Hotel Watch 2016, saat ini Indonesia memiliki 72.000 kamar hotel dan akan ada tambahan 21.960 kamar lagi,” ujar Castillo.

“Tambahan lagi, RoomToday telah memiliki hubungan baik dengan hotel-hotel dan membangun sinergi dalam sistem pembayaran kami yang mudah diakses dengan berbagai cara pembayaran selain kartu kredit. Ini sangat penting untuk konsumen kami yang ingin lebih mudah bertransaksi. Ini adalah dua aspek penting dari bisnis kami,” kata Castillo.

RoomToday saat ini tengah membangun salah satu dari sistem pencarian dan pemesanan hotel yang terbesar, tumbuh tercepat, dan memberikan penawaran dengan harga termurah dan waktu pemesanan secepat mungkin. Menyasar kelas menengah, RoomToday menargetkan lebih dari 4.000 hotel di tahun pertama operasionalnya dan akan ekspansi ke Asia Tenggara di 2018. 

RoomToday merupakan aplikasi mobile yang memberikan pelayanan pemesanan kamar hotel dan dapat diakses melalui www.roomtoday.asia atau melalui aplikasi Android dan IOS. RoomToday kini baru tersedia di Jakarta dan Bandung.

Penulis: Harry Purnama