Rayakan Hari Kartini, Mercure Grand Mirama Gelar Lomba Memasak

Tuesday, 25 April 17   7 Views   0 Comments   Jefri Yulianto
Mercure Grand Mirama Surabaya
Foto: Venuemagz/Jefri

Dalam rangka perayaan Hari Kartini, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya mengadakan kontes memasak sup pangsit Jepara. Maya Puspita, Marketing Communication Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, mengatakan, menu ini dipilih lantaran jadi menu andalan di era Kartini kala itu.

“Untuk peserta lomba memasak ini, seluruh staf hotel dan karyawan perempuan mengenakan busana kebaya batik saat berlomba mengolah menu khas sup pangsit Jepara. Peserta terbagi empat kelompok yang terdiri dari lima orang,” ujar Maya.

Menurut Maya, lomba ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kitrah sosok Kartini sebagai perempuan yang harus pandai mengolah masakan. Bertindak sebagai dewan juri lomba adalah Executive Chef Zakaria yang sekaligus membimbing jalannya proses lomba dengan mencontohkan cara mengolah menu sup pangsit Jepara tersebut.

“Menu ini terdiri dari gulungan telur dadar sebagai pangsit, udang yang dilembutkan, tepung terigu, dan sayuran seperti wortel, kembang kol, dan kacang polo hijau. Semua bumbu hanya mengandalkan garam, tidak menggunakan bawang karena dituntut cara meramu paduan  bahan yang tersedia dari setiap peserta harus pandai dan kreatif,” ujar Zakaria.

Yang terpenting, kata Chef Zakaria adalah merepresentasikan menu sup yang berkesan segar dari sayuran yang ditonjolkan, kemudian rasa gurih yang dimunculkan dari sup pangsit Jepara dan segi ketepatan waktu serta kebersihan peralatan memasak cara menyajikan.