Sensasi Menginap di Hotel Prodeo

Friday, 05 August 16   3 Views   0 Comments   Venue

Wisatawan yang berkunjung ke Australia akan dapat menginap di sebuah penjara tanpa harus melakukan kejahatan terlebih dahulu. Bangunan bersejarah Pentridge Prison, yang berlokasi hanya delapan kilometer dari pusat kota Melbourne, akan segera bertransformasi menjadi salah satu akomodasi paling unik di Australia. Hal tersebut akan terjadi setelah TFE Hotels menandatangani perjanjian untuk mengelola Adina Apartment Hotel di lokasi tersebut.

Hotel baru tersebut akan terdiri dari beberapa elemen, termasuk kesempatan untuk menginap di ruang sel penjara yang telah dimodifikasi. Bekas area gereja penjara tersebut juga akan berubah fungsi menjadi area multifungsi dan tempat untuk resepsi pernikahan.

Selain itu, akan ada tambahan gedung yang akan dibangun di lahan sebelah penjara. Gedung tambahan tersebut akan memiliki sembilan lantai akomodasi, apartemen residensial, dan fasilitas lainnya.

“Hotel ini akan membuka kembali aset sejarah kepada masyarakat umum untuk mengapresiasi dan menikmatinya secara langsung,” ujar Anthony Goh, juru bicara Shayher Group yang membangun kembali penjara tersebut.

“Dalam mengembangkan rencana ini, kami mengambil inspirasi dari proyek serupa di Amerika Serikat dan Inggris Raya yang mengadaptasi penjara menjadi sebuah akomodasi yang bagus. Kami juga menantang Cox Architects untuk memberikan desain yang akan menjadi sebuah tolok ukur terhadap bangunan bersejarah yang sensitif, serta memberikan napas baru terhadap bangunan tersebut dan mengembalikannya kepada publik,” ujar Goh.

Rachel Argaman, CEO TFE Hotels, mengatakan, hotel tersebut akan memikat wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai suasana penjara di Australia pada masa lalu.

“Hotel ini memberikan cara yang menarik untuk melestarikan bangunan cagar budaya. Selain itu, hotel ini juga memungkinkan para tamu untuk mempelajari dan menikmati kebudayaan masa lalu,” ujar Argaman.

Hotel ini diperkirakan buka pada tahun 2020, terhambat izin konstruksi warisan cagar budaya. Pentridge Prison beroperasi pada tahun 1851 hingga 1997. Penjara ini pernah menjadi “rumah” bagi tahanan paling berbahaya di Australia.

Penulis: Harry Purnama