Tidur Pulas, Kocek Tak Terkuras

Wednesday, 03 February 16   2 Views   0 Comments   Venue

Bagi para traveler berkocek tipis, menekan biaya penginapan dalam itinerary mereka akan jadi pilihan utama. Maklum, penginapan hanya akan jadi tempat singgah sekejap. Kalau di luar negeri, menginap di hostel sudah cukup populer dibanding di dalam negeri. Biaya menginap di hostel terbilang murah walau harus rela berbagi ruang dengan traveler lain lintas negara dan tidak saling kenal. Belakangan, di Indonesia, hostel mulai tumbuh dan populer. Ini dia di antaranya yang bisa jadi referensi Anda.

1. EDU Hostel

EDU Hostel yang dibangun pada tahun 2010 mengklaim bahwa ia adalah hostel pertama yang ada di Indonesia. Hostel yang berada di Yogyakarta ini memiliki dua jenis kamar, yakni yang tipe asrama biasa dengan isi enam kasur dan tipe asrama privat berisi empat kasur.

Untuk tipe asrama biasa, tarif yang dikenakan adalah Rp80.000 per kasur. Sementara itu, untuk tipe yang kedua harganya tidak dihitung per kasur, tapi langsung dikenakan harga Rp460.000 per kamar. Artinya, meskipun Anda hanya berdua, tapi tetap saja bayar Rp460.000, dan keempat kasur tersebut menjadi milik Anda. Tipe kamar ini lebih privasi layaknya kamar di hotel biasa.

Menariknya lagi, di EDU Hostel terdapat lantai atau kamar khusus perempuan dan khusus laki-laki. Untuk lantai atau kamar khusus perempuan, seluruh dindingnya diberi warna pink, sedangkan yang khusus laki-laki berwarna biru. Fasilitas yang diberikan oleh EDU Hostel antara lain kolam renang, akses Wi-Fi gratis, delapan komputer untuk publik, dan loker. (www.eduhostels.com)

2. M Boutique Hostel

Satu hal yang kurang mengenakkan menginap di hostel biasanya karena kurang privasi. Nah, M Boutique Hostel di Jalan Petitenget, Seminyak, Bali, ini Anda akan mendapat sedikit privasi, sebab tempat tidurnya didesain berbentuk kapsul tertutup. M Boutique Hostel memiliki 55 kamar. Tarif menginap di M Boutique Hostel sekitar Rp150.000 per kasur, termasuk handuk dan kunci loker.

Jenis kamar yang tersedia di M Boutique Hostel ada tiga jenis, yakni Mixed Bedroom, Female, dan Male Bedroom. Hostel ini juga dilengkapi fasilitas kolam renang dan komputer dengan akses Internet gratis. (www.mboutiquehostel.com)

3. ChezBon Hostel

Ternyata Bondan Winarno tidak hanya mahir soal kuliner, tapi ia juga pandai berbisnis properti hotel. Beberapa tahun lalu, ia mendirikan ChezBon Hostel di Jalan Braga, Bandung. ChezBon (dibaca Se Bong) memiliki sekitar 24 tempat tidur yang terbagi tiga jenis, yakni Small Room, Medium Room, dan Large Room.

Seluruh kamar dilengkapi dengan fasilitas AC dan Wi-Fi gratis. Masing-masing kasur juga dilengkapi lampu baca, colokan listrik, dan loker untuk menyimpan barang berharga para tamu. Toilet dan kamar mandi ada di luar kamar, kecuali untuk tipe Large Room yang sudah dilengkapi kamar mandi. Tarif menginap di ChezBon mulai dari Rp150.000, termasuk sarapan dan Wi-Fi gratis. (www.chez-bon.com)

4. Six Degrees

Hostel yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, ini pernah meraih gelar sebagai The Best Hostel in Indonesia pada tahun 2013 dari hostelworld.com. Selain menyediakan kamar berupa dorm atau sharing dengan tamu lain, Six Degrees juga menyediakan kamar privat. Tarif per malamnya mulai dari Rp125.000 hingga Rp310.000. Desain kamarnya penuh warna, fasilitasnya juga lengkap dari meja biliar, bar, area bermain game, sampai home theatre. (www.jakarta-backpackers-hostel.com)

Seru bukan, bisa merasakan pengalaman menginap unik tanpa menguras kantong.

Penulis: Yohana