Yan’s House, Hotel Rasa Rumah

Monday, 05 June 17   16 Views   0 Comments   Nila Sofianty
Yan's House

Jika Anda ingin mengadakan meeting, gathering, atau menggelar pesta di tengah lokasi paling hits di Pulau Dewata dengan nuansa keramahan seperti di rumah, silakan merapat ke Yan’s House yang terletak di jantung Kuta, Bali. Hotel dengan 78 kamar ini menawarkan ruang meeting yang dapat digunakan untuk beragam kegiatan, mulai dari meeting, corporate gathering, ulang tahun, hingga resepsi pernikahan. Yan’s House memiliki ruang meeting berukuran 67 meter persegi dengan kapasitas sekitar 40 tempat duduk dan bisa dipisah menjadi dua ruang yang lebih kecil lagi.

Hotel milik I Kadek Agus Sudira ini sengaja menata bangunan hotel, kamar, dan furnitur senyaman mungkin agar tamu bisa beraktivitas dan beristirahat dengan kenyamanan sebuah rumah. “Dulu hotel ini memang sebuah bungalow kecil bernama Yan’s Beach Bungalow yang sejak awal ingin memberikan kesan berbeda untuk para tamu yang datang, beda dengan hotel-hotel lain di Bali,” ujar Agus.

Meski mengadopsi gaya Victorian di berbagai sisi, namun pelayanan tetap mengutamakan pelayanan khas Bali. Bangunan hotel ini cukup menonjol dengan jendela-jendela yang lebar berwarna biru sehingga memberikan kesan sejuk bagi wisatawan yang lalu-lalang di Jalan Kartika Tuban. Konsep kenyamanan sebuah rumah dalam sisi bangunan dan furnitur juga diterapkan pada sisi pelayanan bagi para tamu. “Tak perlu harus makan atau menginap di sini, semua orang yang hanya mampir pun akan dilayani seperti keluarga. Mau mampir silakan, pasti kami akan beri minuman karena dengan memberikan sesuatu kepada orang berarti akan memberi berkah doa kepada kami untuk kelancaran bisnis kami. Hal itu yang selalu diajarkan orangtua saya sejak dulu,” ujar Agus.

Usaha menghadirkan kenyamanan sebuah rumah juga tampak dalam pemilihan 11 tema kamar dalam hotel. Menurut Agus, Kamar-kamar tematik ini diharapkan dapat membuat para tamu, mulai dari backpacker, pasangan honeymoon, tamu grup perusahaan, hingga keluarga akan merasakan keramahan pelayanan layaknya di rumah sendiri. Yan’s House Hotel menyediakan 11 kamar tematik, yakni tema chill out, the sweet breeze, homey wonderland, the victorian, homeland, bachelor’s pad, vintage groove, ecletic living, laid back, serenity, dan the love nest.

“Seperti bukan hotel, tapi lebih ke rumah. Pelayanannya seperti melayani keluarga,” ujar Agus.

Selain kenyamanan rumah yang dihadirkan dalam konsep bangunan, Yan’s House juga mencoba memberikan rasa nyaman melalui sajian kuliner yang berasal dari berbagai bahan asli Bali, seperti sajian jus kedondong dan jus jeruk Kintamani. Makanan dan minuman yang disajikan oleh Code Grafiti Restaurant dengan kapasitas 40 kursi ini selalu mengangkat makanan khas Bali yang dipadukan dengan selera kekinian. Buah-buahan khas Bali seperti jeruk kintamani dan salak bali dikemas menjadi lebih menarik dan sudah pasti lezat disantap.

Code Grafiti Restaurant menyajikan makanan yang dibuat sendiri untuk tamu dengan memadukan makanan barat dan lokal khas Bali untuk memuaskan lidah para tamu. “Sengaja saya tak ingin mengotak-ngotakan jenis makanan. Yang penting rasanya enak. Setiap gigitan ada sensasi yang tersisa. Tamu akan diajak berpetualang di kamar dan di makanan,” ujar Agus.

Selain itu, ada juga restoran casual fine-dining Codegrafiti di Yan’s House yang memperkenalkan 15 sajian degustation menu (tasting menu) yang khusus digubah oleh Chef Bondan Yuliarso. Restoran ini menampilkan seluruh hidangan andalan yang merupakan buah ikhtiar dari petualangan penggalian kekayaan dan keragaman tradisi kuliner Bali yang melegenda. Ke-15 sajian degustation menu yang dihadirkan adalah Obat Nyamuk Lime Leaf Chili Paste, Scallop Turmeric Yuzu, Lemon Zest-Rosemarry Tuna Gravlax, Crab Meat-Sirsak, Kintamani – Basil Glacier, 3M Baby Squid Compression, Tamarind Pureé and Squid Water, Yellow Duck – Red Cabbage Pureé and Mangoesteen, Cod Fish Number 7, Barramundi Jivara Chocolate, Watermelon Sashimi, Chicken Sousvide Kedondong Soup, Cube Roll Massaman Deconstruction, dan Lamb Havana Reduct.

Selain fasilitas ruang meeting dan restoran, hotel ini juga memiliki sejumlah fasilitas lain, seperti layanan antar-jemput ke bandara, kolam renang, tour service, mobile internet modem, baby sitter, dan ruang sarapan. Selain itu, manajemen hotel juga menyediakan sejumlah paket wisata, di antaranya wisata ke Tabanan.