10 Destinasi Utama Pengembangan Pariwisata

Tuesday, 15 September 15   3 Views   0 Comments   Venue

Guna menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan pada 2019 mencapai 20 juta, maka pemerintah melalui Kementerian Pariwisata fokus mengembangkan 10 destinasi dari 222 lokasi kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN). Ke-10 destinasi tersebut adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Bromo (Jawa Timur), Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Morotai (Maluku), Yogyakarta, Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Belitung (Bangka-Belitung), dan Tanjung Lesung (Banten).

“Destinasi tersebut dipilih karena memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah wisman ke Indonesia,” kata Rizal Ramli, Menteri Koordinator Kemaritiman.

Rizal mengungkapkan, untuk mengembangkan destinasi ini diperlukan anggaran yang tidak sedikit. Karena itu, perlu ada sinergi dan koordinasi yang kuat antar-kementerian terkait untuk meminimalisir anggaran.

“Kementerian yang terkait untuk sektor pariwisata adalah Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Nanti anggarannya dibagi sesuai peruntukan, seperti anggaran membangun bandara dan pelabuhan ada di Kementerian Perhubungan, anggaran infrastruktur jalan adanya di Kementerian PU, dan anggaran perbaikan destinasi wisata ada di Kementerian Pariwisata,” terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, destinasi yang ditetapkan sudah sesuai dengan skala prioritas pembangunan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum. “Kami akan fokus ke sepuluh destinasi dulu pada tahun ini. Setelah itu baru akan ada lagi sepuluh destinasi lanjutan. Semua pasti kami bangun, tapi tetap harus mempergunakan skala prioritas dari sisi waktu,” ujar Arief Yahya. (Baca juga: Tiga Langkah Tingkatkan Kunjungan Wisman)

Penulis: Pasha Ernowo