11 Wisata Unggulan di Samosir

Monday, 27 February 17   4 Views   0 Comments   Venue

Pemerintah Daerah Samosir baru saja meluncurkan kalender acara bertajuk “Horas Samosir Fiesta 2017”. Ombang Siboro, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, mengatakan, obyek wisata di Samosir ada banyak, dan untuk menjelajahinya tak cukup hanya sehari. Para wisatawan akan menemukan keindahan pantai, pemandangan pegunungan, air terjun, dan bisa berenang di danau yang bersih dan segar.

Kabupaten Samosir memiliki  11 obyek wisata unggulan yang dapat dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Ke-11 obyek wisata unggulan tersebut adalah Parsaktian, Aek Pintatar, Perkampungan Raja Batak, Batu Hodon, Pusat Informasi Geopark Toba, Sopo Guru Tatea Bulan, Batu Sawan, Hot Spring Aek Rangat, Aek Sipitu Dai, Sinatapan Prayer Tower, dan Pantai Pasir Putih. 

Ombang menjelaskan, pada tahun ini Samosir ingin memperkenalkan tujuan wisata baru yang bisa dikunjungi wisatawan, yaitu pantai Sipinggan. Selain dapat menikmati keindahan wisata pantai, di Pantai Sipinggan juga ada rumah adat Batak serta kearifan lokal adat batak. Pantai Sipinggan dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Desa Tomok menggunakan kendaraan.

Di Samosir juga terdapat wisata kuliner khas yang wajib dicoba, seperti ikan Natinombor, ayam Pinadar, ikan Naniura, Saksang (non halal), Mie Gomak, dan Lappet. Wisatawan muslim juga cukup mudah menemukan rumah makan yang menyajikan beragam menu halal dari Samosir.

Kabupaten Samosir memiliki 81 hotel. Pada 2015, kunjungan wisatawan ke Samosir mencapai 171.000 orang, lalu pada 2016 menjadi 190.000 wisatawan. Pada tahun ini, Pemkab Samosir menargetkan 200.000 wisatawan mengunjungi Samosir.

Penulis: Ahmad Baihaki