Aliansi Maskapai Berbiaya Murah Pertama di Dunia

Wednesday, 18 May 16   4 Views   0 Comments   Venue

Delapan maskapai berbiaya murah di Asia Pasifiki, yaitu Cebu Pacific (termasuk anak perusahaan Cebgo), Jeju Air, Nok Air, NokScoot, Scoot, Tigerair Singapore, Tigerair Australia, dan Vanilla Air, menyatukan jaringan mereka ke dalam sebuah aliansi sehingga para calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket dari masing-masing maskapai hanya dalam satu kali transaksi, termasuk untuk memesan maskapai lain dari situs resmi maskapai yang mereka pilih.

Kerja sama tersebut dapat terbentuk berkat adanya teknologi baru yang dikembangkan oleh Air Black Box (ABB) bernama Air Connection Engine. Melalui teknologi tersebut, para penumpang dapat memesan layanan tambahan, seperti posisi kursi, pilihan makanan, tambahan bagasi, dan layanan in-flight lainnya di beberapa maskapai hanya dalam satu kali transaksi.

Apabila dikombinasikan, Value Alliance melayani lebih dari 160 destinasi dengan jumlah 176 maskapai di seluruh Asia Pasifik. Value Alliance akan memiliki basis di Singapura, Thailand, Filipina, Korea Selatan, Jepang, dan Australia, dengan tujuan yang terjauh mencapai Guam dan Timur Tengah.

“Kami sangat gembira dengan adanya peluang yang dihasilkan dari kerja sama ini, dan kami tak sabar untuk memberikannya kepada para tamu. Para anggota Value Alliance merupakan pemimpin di setiap regional dan memiliki pelanggan tetap yang cukup loyal. Dengan bekerja sama, kami dapat menawarkan kepada para tamu pilihan destinasi yang lebih luas dengan harga yang kompetitif dan pemesanan yang mudah,” ujar Campbell Wilson, CEO Scoot.

Patee Sarasin, CEO Nok Air Thailand, mengatakan, “Kesempatan yang diciptakan oleh ABB dan Value Alliance dalam menyediakan kemudahan pemesanan tiket dan layanan tambahan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kami dibandingkan kerja sama dengan yang lainnya. Keuntungan yang diperoleh maskapai berbiaya murah umumnya sekitar 10-25 persen.”

Scoot, Nok Air, dan NokScoot telah memulai menawarkan penerbangan dan harga dari maskapai-maskapai lainnya menggunakan teknologi ABB, dan anggota Value Alliance yang lain akan menyusul di bulan-bulan berikutnya. Platform Air Connection Engine dari ABB telah menerima sertifikasi NDC dari IATA.

“Teknologi tersebut memungkinkan kami untuk berinteraksi dengan maskapai lain di Value Alliance, termasuk yang menggunakan Passenger Service System (PSS) berbeda,” ujar Katsuya Goto, Presiden Vanilla Air.

Lance Gokongwei, Presiden dan CEO Cebu Pacific, juga sangat antusias dengan adanya aliansi ini. “Value Alliance merupakan contoh nyata bahwa maskapai berbiaya murah dapat mencapai tujuan yang lebih tinggi dengan cara bekerja sama dibandingkan jika bekerja sendiri-sendiri,” ujar Gokongwei.

Penulis: Harry Purnama