Bali Catatkan Rekor Kunjungan Wisman

Wednesday, 12 October 16   3 Views   0 Comments   Venue

Industri pariwisata di Bali meningkat pesat, terutama dalam hal jumlah kedatangan wisatawan mancanegara. Pada Juli 2016, Bali menyambut 484.231 wisatawan mancanegara. Angka tersebut meningkat 26,5 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu. Selain itu, bulan Juli 2016 ini menjadi bulan Juli yang terbaik sepanjang sejarah di Bali.

Pada tujuh bulan pertama 2016, jumlah kunjungan wisman ke Bali meningkat 19,8 persen dari tahun ke tahun menjadi 2,76 juta wisman. Artinya, Bali dalam jalur yang tepat untuk memecahkan rekor kunjungan empat juta wisatawan asing yang dicapai pada tahun 2015.

Pada awal tahun, pemerintah Bali menargetkan kunjungan 4,2 juta wisatawan asing pada 2016. Namun, tampaknya perolehan kunjungan wisatawan asing ini akan mendekati angka lima juta wisman.

Dua pasar utama Bali, yakni Australia dan Cina daratan, menjadi penyumbang turis paling banyak. Jumlah turis Australia ke Bali meningkat 12,1 persen pada tujuh bulan pertama 2016, dan diperkirakan akan mencapai satu juta wisman yang akan menjadi rekor terbaru. Kedatangan turis Cina bahkan lebih pesat lagi, meningkat sekitar 25,2 persen pada tahun ini. Jika dikombinasikan, kedua pasar utama tersebut memberi kontribusi hampir 44 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali pada periode Januari-Juli 2016.

Jumlah kunjungan dari Inggris Raya dan India juga meningkat tajam pada 2016 ini, yakni naik 26,8 persen dan 37,3 persen masing-masing. Keduanya pun masuk ke dalam lima besar pasar utama bagi Bali, bersama dengan Jepang yang meningkat 2,6 persen. Namun, ketiga negara tersebut masih tertinggal cukup jauh dari Australia dan Cina dalam hal jumlah turis yang datang.

Penulis: Harry Purnama