Bangkok, Kota Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Di Asia

Wednesday, 24 June 15   1 Views   0 Comments   Venue

Pertumbuhan masyarakat kelas menengah di beberapa negara Asia mendorong terjadinya pergerakan wisatawan yang cukup tinggi, baik itu di dalam Asia sendiri maupun ke luar Asia. Berdasarkan Global Destination Cities Index terbaru dari MasterCard, Bangkok sebagai ibu kota Thailand diprediksi menjadi kota paling banyak dikunjungi wisatawan di Asia dengan 18,24 juta kunjungan wisatawan mancanegara selama tahun 2015. Angka tersebut menempatkan Bangkok di posisi dua dunia sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Di peringkat pertama adalah London dengan 18.82 juta wisatawan mancanegara.

Selain itu, dari daftar yang dirilis oleh MasterCard tersebut juga menunjukkan bahwa kota-kota di Asia memiliki daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi wisatawan mancanegara. Dari 10 kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan, enam di antaranya berasal dari benua Asia-tujuh jika Istanbul juga dimasukkan ke dalam benua Asia. Selain London dan Bangkok yang berada di posisi pertama dan kedua, peringkat berikutnya adalah Paris (16,06 juta wisatawan) di peringkat ketiga, diikuti oleh Dubai (14,26 juta), Istanbul (12,56 juta), New York (12,27 juta), Singapura (11,88 juta), Kuala Lumpur (11,12 juta), Seoul (10,35 juta), dan Hong Kong (8,66 juta).

“Pariwisata menjadi industri yang sangat penting karena memberikan pemasukan yang cukup besar serta membuka banyak lapangan pekerjaan bagi mayoritas negara-negara di Asia. Hal tersebut tecermin dari meningkatnya daya tarik kota-kota di Asia, dipimpin oleh negara-negara di ASEAN yang berkembang pesat ekonominya, diikuti oleh Cina dan India,” ujar Matthew Driver, Presiden MasterCard Asia Tenggara.

“Ketika setiap negara berkompetisi untuk mendapatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta memperbaiki visitor experience, akan menjadi kunci penting bagi pemerintah dan badan pariwisata untuk memperbaiki infrastruktur negaranya namun tetap menjaga dan melindungi warisan budaya di negara masing-masing,” kata Matthew.

Kota-kota di Asia Pasifik juga tercatat menjadi negara yang perkembangan kunjungan wisatawan mancanegaranya cukup tinggi. Dari 10 kota dengan persentase peningkatan kunjungan wisatawan tertinggi di dunia, tujuh di antaranya berasal dari Asia Pasifik. Di peringkat pertama ada Kolombo dengan pertumbuhan 21,1%, diikuti oleh Chengdu (+20,7%), Abu Dhabi (+20,4%), Osaka (+19,8%), Riyadh (+18%), Xi’an (+16,2%), Taipei (+14,9%), Tokyo (+14,6%), Lima (+13,9%), dan Ho Chi Minh (+12,9%).

Laporan Global Destination Cities Index tersebut juga menunjukkan bahwa meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke kota-kota di Asia didorong oleh tingginya pergerakan wisatawan dari negara-negara di Asia juga. Lima negara penyumbang wisatawan tertinggi ke kota Bangkok, Singapura, dan Kuala Lumpur pada 2015 ternyata berasal dari negara-negara di Asia Pasifik. (Sumber: Travel Daily Media).

Penulis: Harry Purnama