Brand Indonesia Mengalahkan Malaysia dan Thailand

Thursday, 09 March 17   16 Views   0 Comments   Venue

Keberadaan platform digital saat ini telah banyak melakukan perubahan terhadap perilaku manusia. Karena itu, MarkPlus, Inc. bekerja sama dengan Marketeers menggelar WOW Brand Festive Day untuk memberikan edukasi serta memahami peran digital branding terhadap promosi sebuah brand. Acara yang diselenggarakan pada 9 Maret 2017 di Ballroom Hotel Raffles ini dihadiri lebih dari 700 brand leader.

Hermawan Kartajaya, Pendiri dan Chairman MarkPlus, Inc., mengatakan, ajang ini sebagai wadah berkumpulnya brand leader atau yang biasa disebut sebagai pestanya orang brand. “Digital branding perlu dilakukan oleh setiap brand leader, tetapi branding lewat offline juga perlu. Harus dipadukan antara online dan offline,” kata Hermawan.

Sayangnya, ujar Hermawan, penyalahgunaan terhadap teknologi digital masih terjadi di Indonesia. Hal ini harus diperbaiki dengan menciptakan technology for good yang hanya dapat dijangkau dengan basic human spirit.

Menanggapi branding pariwisata Indonesia, Hermawan mengatakan bahwa branding untuk mempromosikan pariwisata Indonesia sangatlah baik, karena itu era digital ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan, peranan sebuah brand sangat penting, Wonderful Indonesia misalnya. Orang akan tahu logo itu adalah milik pariwisata Indonesia. Jadi, betapa pentingnya branding yang dilakukan sehingga bisa mendatangkan uang dan investasi. National branding juga begitu bagian dari strategi pemasaran untuk Indonesia.

Brand bisa menciptakan peluang mendatangkan investasi. Dengan melakukan branding berarti sudah membuat janji kepada costumer, dan tentu sudah pasti akan ada reputasi dari setiap branding sehingga bisa menimbulkan persepsi. Seseorang akan menilai baik dan buruk tentang reputasi brand tersebut. Kalau ingin branding-nya bagus, maka ciptakanlah reputasi yang bagus,” kata Arief.

Arief mengatakan, pada 2013, Wonderful Indonesia tidak dikenal oleh dunia, dan itu sangat buruk sekali. Dirinya mensyukuri pada 2015 peringkat brand Wonderful Indonesia berada di posisi 47, atau naik 100 peringkat, dari 141 negara. Sementara itu, brand Thailand berada di peringkat 83, dan Malaysia di peringkat ke-96.

“Secara sederhana, brand kita lebih baik dari Thailand dan Malaysia,” ujar Arief.

Penulis: Ahmad Baihaki