Canon EOS M5, Kamera Mirrorless Rasa DSLR

Tuesday, 06 December 16   16 Views   0 Comments   Venue

Canon menghadirkan generasi terbaru dari kamera mirror less Canon EOS M5 pada 1 Desember 2016. Kamera terbaru ini diklaim lebih canggih dari generasi sebelumnya, dan kualitasnya tak kalah dengan kamera DSLR profesional.

Sintra Wong, Division Manager Canon Image Communication Product Division PT Datascrip selaku distributor tunggal produk Canon, mengatakan, “Hadirnya Canon EOS M5 semakin melengkapi jajaran kamera mirror less Canon. Beragam fitur dan teknologi canggih di kamera ini menjawab kebutuhan para pencinta fotografi yang menginginkan kualitas dan performa prima dari sebuah kamera mirror less.”

Tak hanya mumpuni digunakan oleh fotografer profesional, kamera ini juga sangat cocok digunakan oleh wisatawan bisnis yang sering bepergian ke luar kota karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan kamera DSLR sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Meski berukuran kecil, hasil foto dari kamera ini memiliki resolusi yang tinggi. Berikut adalah fitur-fitur terbaru yang disematkan ke dalam Canon EOS M5.

Fitur dan Teknologi Terbaru

Canon EOS M5 dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C 24.2 Megapiksel sehingga menghadilkan kualitas foto yang tajam dan cemerlang. Teknologi Dual Pixel CMOS AF yang digunakan di kamera DSLR Canon kelas atas turut dihadirkan di kamera ini sehingga sistem fokus kamera bekerja cepat dan akurat. Ditambah dengan teknologi predictive AF yang menangkap fokus dengan cepat dan akurat terhadap subjek bergerak, kamera ini memudahkan para wisatawan bisnis yang sedang melakukan post-tour untuk memotret dengan cepat tanpa ingin kehilangan semua momen.

Prosesor DIGIC 7

Mayoritas kegiatan wisata yang diadakan usai meeting atau konferensi diadakan pada siang hari. Dengan teknologi prosesor DIGIC 7 pada Canon EOS M5, hasil foto pada siang hari yang terik tetap menghasilkan detail gambar yang tajam. Begitu pula ketika memotret dari dalam kendaraan yang bergerak, hasil fotonya tidak akan blur berkat prosesor DIGIC 7 ini.

LCD Layar Sentuh

Berwisata dengan teman maupun rekan bisnis tentu tak akan lengkap rasanya apabila belum selfie beramai-ramai. Dengan adanya LCD layar sentuh beresolusi tinggi yang dapat ditekuk hingga 85 derajat ke atas maupun 180 derajat ke bawah, kini selfie tak lagi merepotkan.

Canon EOS M5 viewfinderSelain itu, ketika sedang memotret maupun merekam video menggunakan electronic viewfinder (EVF), pengguna dapat memanfaatkan fungsi touch & drag AF untuk memindahkan area yang mau difokus. Fitur ini dapat dengan mudah diaktifkan atau dimatikan lewat tombol khusus di bodi kamera. Selain itu, ada juga empat tombol fungsi yang mudah diakses pada saat menggunakan EVF, yaitu pengaturan  mode pemotretan, kompensasi eksposur, bukaan lensa/aperture atau kecepatan rana/shutter speed, dan tombol pintas. Tombol pintas dapat digunakan untuk beberapa fungsi, seperti untuk mengatur white balance, ISO Speed, dan mode AF.

EOS Movie dan Konversi RAW di Kamera

Dengan adanya fitur Image Stabilizer, hasil gambar ketika memotret sambil bergerak tetap akan bagus dan fokus, terutama ketika sedang merekam video. Kamera ini juga dapat merekam video hingga resolusi Full HD 60p sehingga momen Anda ketika berwisata akan terekam dengan baik.

Selain itu, salah satu keunggulan dari Canon EOS M5 adalah kemampuan untuk mengubah format file foto RAW secara langsung di kamera tanpa bantuan perangkat komputer sehingga pengguna dapat melihat hasil akhirnya dengan cepat, bahkan dapat mengeditnya langsung di kamera.

Koneksi Nirkabel

Satu yang terpenting dan tak boleh terlewatkan ketika berwisata adalah membagikan momen-momen terbaik Anda di sosial media. Dengan Canon EOS M5 yang dilengkapi koneksi Wi-Fi dan NFC, Anda dapat langsung memindahkan foto di kamera ke perangkat ponsel pintar dan langsung mengunggahnya ke Internet.

Fitur koneksi nirkabel tersebut juga dapat membantu pengguna memotret dari jarak jauh melalui gawai Anda. Hal ini cukup berguna untuk memotret dari sudut yang kreatif maupun pada saat selfie.

Untuk dapat menikmati kecanggihan teknologi yang dibenamkan di Canon EOS M5, Anda cukup menebusnya dengan harga Rp14,2 juta untuk body saja, sedangkan apabila dilengkapi dengan lensa EF-M 15-45mm harga yang ditawarkan adalah Rp15,7 juta, dan dengan lensa EF-M 18-150mm harganya adalah Rp19,9 juta.

Penulis: Harry Purnama