Cina Penggerak Utama Bisnis Pariwisata

Wednesday, 27 January 16   0 Views   0 Comments   Venue

Dunia patut bersyukur dengan kehadiran Cina sebagai negeri dengan ekonomi terkuat. Kesejahteraan penduduk Cina mendorong mereka untuk berkeliling dunia. Menurut lembaga survei GfK, 109 juta warga China bepergian pada 2015. Mereka juga berbelanja di destinasi wisata sebesar US$229 miliar atau setara Rp3.180 triliun. 

Data tersebut menunjukkan bahwa Cina merupakan salah satu sumber wisatawan global terbesar, baik dari sisi jumlah perjalanan maupun uang yang dibelanjakan. Pada waktu yang sama, dilaporkan terjadi perubahan yang nyata dalam hal perilaku pelaku wisatawan Cina, yakni kemapanan generasi mudanya sebagai penggerak pengeluaran untuk wisata tujuan luar negeri.

GfK juga mendapatkan fakta bahwa wisatawan Cina terus mencari destinasi wisata baru. Sampai 2013, Hong Kong menjadi tujuan utama karena kesamaan budaya, biaya lebih murah, serta aksesnya yang lebih dekat. Namun, tren juga terus berubah. Setelah Hong Kong, pada 2014, mereka mulai mencari destinasi baru yang menawarkan wisata sejarah dan budaya. 

Terdapat lima destinasi utama pada 2015 menjadi tujuan wisatawan Cina, antara lain Korea Selatan dengan kenaikan 112 persen sejak 2011, diikuti Thailand pada urutan kedua dengan kenaikan 263 persen, Hong Kong (hanya naik 37 persen), Jepang (naik 157 persen), dan Taiwan sebesar 54 persen.