Cinven dan CPPIB Akuisisi Hotelbeds Group

Monday, 02 May 16   2 Views   0 Comments   Venue

Cinven, perusahaan ekuitas swasta asal Eropa, dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Hotelbeds Group-penyedia layanan perjalanan global yang berpusat di Spanyol-dari Tui Group. Akuisisi tersebut senilai 1,165 miliar Euro atau sekitar Rp17 triliun (1 euro=Rp15.105).

Hotelbeds adalah penyedia layanan perjalanan dunia yang menawarkan kamar hotel bagi industri perjalanan dari inventaris 75.000 hotel di lebih dari 180 negara kepada basis pelanggannya di lebih dari 120 pasar sumber. Selain akomodasi hotel, Hotelbeds juga menyediakan layanan penjemputan, pengantaran, tur dan wisata, pertemuan, event, pemrosesan visa, serta layanan penanganan kapal pesiar. Klien utama Hotelbeds adalah tur operator, agen perjalanan, klien perusahaan, dan konsumen individual.

“Kami sangat gembira dengan investasi Cinven dan CPPIB di Hotelbeds yang memungkinkan kami untuk terus meningkatkan mutu dan rentang layanan yang kami berikan kepada pelanggan sebagai operator bedbank dengan keuangan yang solid dan independen,” ujar Joan Vila, CEO Hotelbeds Group.

Bisnis bedbank, yang menghasilkan mayoritas keuntungan Hotelbeds, menunjukkan pertumbuhan volume dua digit, baik dalam portofolio hotelnya maupun dalam room night selama lima tahun terakhir. Bermarkas besar di Palma de Mallorca, Hotelbeds Group didirikan pada 2001 dan mempekerjakan 6.150 karyawan di seluruh dunia.

Cinven memiliki rekam jejak yang kuat dalam bisnis teknologi perjalanan setelah sukses berinvestasi di Amadeus, penyedia terkemuka solusi teknologi canggih bagi industri perjalanan global, dengan menginvestasikan lebih dari 1 miliar Euro sehingga menghasilkan keuntungan tujuh kali lipat.

“Hotelbeds telah memperlihatkan pertumbuhan luar biasa dan membangun posisi pasar terkemuka berkat teknologi miliknya yang menjadi pemimpin pasar, serta hubungan pelanggan dan pemasok yang kuat. Fokusnya untuk mendiversifikasi ke segmen pasar baru terbukti sangat sukses dan menghasilkan tingkat pertumbuhan impresif pada semua usaha barunya,” ujar Chris Good, Senior Principal Cinven.

Penulis: Harry Purnama